Dreamland
>
Film
>
Article

Dianggap Rusak Citra Kerajaan Inggris, Netflix Diminta Labeli 'The Crown' Sebagai Fiksi

30 November 2020 14:40 | 575 hits

DREAMERS.ID - Kabar terbaru datang dari serial populer Netflix ‘The Crown’ yang belum lama ini telah merilis musim keempatnya. Serial yang bercerita tentang dinamika keluarga Kerajaan Inggris tersebut mendapat teguran dari Sekretaris Kebudayaan Inggris, Oliver Dowden.

Dowden diketahui telah menuntut Netflix agar melabeli serial The Crown sebagai fiksi, di mana hal tersebut dimaksutkan untuk memperjelas bahwa peristiwa tertentu yang digambarkan dalam serial itu tidak boleh dianggap sebagai fakta atau sesuai dengan kenyataan aslinya.

Label fiksi tersebut kemudian diminta oleh Dowden agar ditampilkan pada intro dari setiap episode yang ada. Tuntutan Dowden tersebut kemudian semakin menggemakan kekhawatiran bahwa serial itu akan merusak citra monarki Inggris.

“Ini adalah karya fiksi yang diproduksi dengan indah, sehingga seperti produksi TV lainnya, Netflix harusnya sangat jelas pada awalnya, hanya itu saja. Tanpa itu, saya khawatir generasi pemirsa yang tidak mengalami peristiwa ini mungkin salah mengira fiksi sebagai fakta," jelas Dowden dalam sebuah wawancara dengan Daily Mail.

Baca juga: Trailer 'The Crown' Season 5 Singgung Wawancara Kontroversial BBC Putri Diana

Charles Spencer selaku saudara laki-laki dari Putri Diana kemudian juga mendukung tuntutan Sekretaris Kebudayaan Inggris itu. Ia percaya pelabelan fiksi terhadap serial yang juga menceritakan tentang kisah saudara perempuanya itu memang perlu dilakukan.

“Akan sangat membantu 'The Crown' jika di awal setiap episode dinyatakan bahwa, 'Ini tidak benar-benar asli, tetapi didasarkan pada beberapa peristiwa nyata'. Karena dengan begitu semua orang akan mengerti itu adalah drama demi drama,” ungkap Spencer dalam suatu wawancara di ITV.

Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan langsung dari Netflix terkait tuntutan tersebut. Serial The Crown sendiri pada musim keempatnya ini memang intens menampilkan dinamika yang dialami oleh Putri Diana dalam pernikahannya dengan Pangeran Charles.

(sidk)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio