Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Ternyata Ini Alasan Makan Pasta Tak Bikin Gemuk Meski Kaya Karbohidrat

28 April 2018 14:00 | 2870 hits

DREAMERS.ID - Tak hanya nasi yang menjadi musuh bagi orang yang berdiet karena kandungan karbohidratnya yang bisa membuat berat badan naik, tapi pasta pun belakangan menjadi makanan yang dihindari. Namun sebenarnya pasta tidak membuat gemuk lho, Dreamers!

Menurut penelitian terbaru yang dikutip dari Daily Mail, meskipun kaya akan karbohidrat, sebenarnya pasta membantu kita untuk tetap langsing. Hal itu disebabkan pasta merupakan bagian dari pola makan Mediterannean yang kaya dengan sayur dan minyak zaitun.

Studi yang dilakukan peneliti Italia itu menganalisa pola makan lebih dari 23.000 orang dari dua daerah berbeda di Italia. Peneliti meminta mereka mencatat semua yang mereka makan dalam sebuah buku harian.

Peneliti menyimpulkan tidak ada hubungan antara makan pasta dan pertambahan berat badan. Malah sebenarnya makan pasta berhubungan dengan lebih langsing. "Data kami membuktikan menikmati pasta sesuai dengan kebutuhan individu menyebabkan indeks massa tubuh sehat, lingkar pinggang lebih kecil dan rasio pinggang-pinggul lebih baik," kata George Pounis, pemimpin penelitian.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Licia Iacoviello dari Neuromed Institute di Pozzilli, Italia yang melakukan studi ini menambahkan,"Dalam pandangan populer pasta sering dipandang tak bagus ketika kita ingin menurunkan berat badan. Beberapa orang malah berhenti mengonsumsinya."

"Pesan yang muncul dari studi ini adalah pola makan Mediterranean yang dilakukan dengan porsi sedang dan mempertimbangkan variasi dari semua elemennya itu baik untuk kesehatan kita," katanya.

Periset menemukan mereka yang makan pasta teratur juga cenderung lebih mengikuti pola makan Mediterranean. Makan banyak tomat, bawang, bawang putih, minyak zaitun, keju dan nasi. Tetapi, mereka mengatakan efek bermanfaat makan pasta berhasil jika pola makan Mediterranean itu diikuti dengan patuh.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio