Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Jangan Termakan Tren! Ini Efeknya Jika Terlalu Banyak Memakai dan Mencampur Produk Skin Care
13 September 2018 11:35 | 1940 hits

DREAMERS.ID - Tren kecantikan baru selalu bermunculan dan membuat kita tergiur untuk mencobanya. Apalagi saat membuka YouTube atau Instagram, pasti ada saja produk kecantikan atau skin care baru beserta teknik mengaplikasikannya.

Misalnya tren 10 step Korean skin care, tren facial oil, sampai tren memakai acids untuk eksfoliasi. Semuanya menjanjikan hasil gemilang dan membuat kita semakin ingin mencoba. Namun, jangan sampai kamu malah memakai terlalu banyak produk perawatan yang bercampur-campur dan justru mengalami 5 efek buruk berikut:

oppo f9

1. Kulit gatal, beruntusan, dan kemerahan

Saat timbul ruam, beruntusan, gatal, dan kemerahan pada kulit wajah setelah memakai banyak produk perawatan wajah, kamu harus waspada. Ini bisa jadi penanda kulit bereaksi dengan bahan-bahan dari produk atau terhadap perpaduan banyak bahan dari produk yang berbeda tersebut. Reaksi ruam dan kemerahan bisa disebabkan kandungan parfum, pengawet, atau bahan acrylates di dalam kosmetik,” terang dr. Tsippora Shainhouse.

2. Kulit menjadi lebih sensitif pada perubahan cuaca dan panas matahari

Jika biasanya kulitmu termasuk bandel dan jarang bermasalah, kemudian menjadi lebih peka (mengalami rasa perih, terbakar, atau kering) saat terkena kontak dengan sinar matahari atau pada suhu yang berubah, coba cek kembali produk-produk yang digunakan. Bisa jadi, kulit menjadi sensitif dan reaktif terhadap cuaca karena pemakaian banyak produk kecantikan.

3. Kulit terasa kencang seperti ditarik, kering, dan kasar/berminyak berlebihan

Bila sebelumnya kulit secara alami termasuk golongan kombinasi atau berminyak, kemudian setelah memakai beragam produk skin care kemudian mengalami sensasi kulit yang kering, kesat, dan kencang seperti ditarik, bahkan terasa kasar saat disentuh, hati-hati! Bisa jadi ini reaksi karena produk yang digunakan formulanya terlalu keras sehingga mengeringkan kulit. Ini bukan pertanda baik, karena kamu akan merusak skin barrier dan punya potensi membuat kulit terlampu sensitif.

Sebaliknya, jika kulit terasa sangat berminyak padahal biasanya tidak demikian kondisinya, ini bisa juga adalah efek mencampur dan memakai banyak produk skin care. Sebagai informasi, kulit jadi terlalu berminyak bisa merupakan efek karena kondisi kulit yang terlalu kering, lho!

4. Kulit mengilap namun tidak berminyak

Ada juga yang seperti ini, kulit nampak mengilap namun bukan karena berminyak tetapi terasa tidak berminyak sama sekali, dan malah rasanya kencang dan kering. Ini bisa menjadi reaksi yang menunjukkan bahwa produk-produk skin care bereaksi buruk dan menimbulkan efek samping terhadap kulit.

5. Jerawat dan peradangan semakin banyak

Mungkin alasan utama seseorang mencampur dan memakai lapis demi lapis produk adalah untuk mengobati jerawat. Namun setelah memakainya, malah jerawat semakin menjadi dan peradangan semakin parah. dr. Sejal Shah, dermatologis dari SmarterSkin Dermatology mengatakan, “Melawan kulit berminyak dan berjerawat dengan memakai banyak produk khusus jerawat bisa punya efek yang bertolak belakang. Saat kamu memakai terlalu banyak produk, kulit malah akan menjadi terlalu kering dan hanya memperparah peradangan.”

Mengutip Woman Talk, saran sebelum mencampur dan memakai rangkaian panjang produk perawatan kecantikan kulit, baca baik-baik bahan yang terkandung di dalamnya. Terutama yang mengandung bahan-bahan yang mengeringkan seperti acids. Harap diingat bahwa AHA, BHA, dan retinol/retinoids adalah bahan aktif yang sebaiknya dipakai sendiri-sendiri dan tidak dicampurkan satu sama lain, serta tidak terlalu sering, karena akan jadi terlalu keras mengelupaskan dan mengeringkan kulit.

--

DREAMERS! Ayo update berita terbaru mulai dari News, Entertainment, dan Lifestyle sambil dengerin lagu-lagu K-Pop, Barat atau Indonesia paling hits dengan Download Mobile App DREAMERS.ID! Kini tersedia di iOS App Store dan GOOGLE Playstore lho

GRATIS!

Nah, Kamu juga bisa eksis di FORUM dan FAN-FICTION lho. 
Asik banget kan! 

Download sekarang juga ya!

(fzh)

SUBSCRIBES
'info kecantikan'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio