Dreamland
>
Berita
>
Article

Kelebihan Presiden Moon yang Dapat Tingkat Kepuasan Kedua Sepanjang Sejarah Korea di 100 Hari Kerja

25 Agustus 2017 12:10 | 1211 hits

DREAMERS.ID - Presiden Korea Selatan Moon Jae In telah menjabat selama 100 hari. Tercatat tingkat persetujuan atau tingkat kepuasan masyarakat di Negeri Ginseng itu cukup tinggi. Berbanding terbalik dengan kondisi presiden sebelumnya yang kini terjerat kasus hukum, Park Geun Hye.

Melansir Chosun Ilbo, Presiden Moon mendapat approval rating di angka 78%, menurut polling Gallup Korea. Pada minggu pertama Juni, tak lama setelah ia diangkat menjadi presiden, Moon mendapat angka 84%, namun turun ke 74% di minggu ketiga Juli.

Gallup Korea juga menyatakan jika perolehan tingkat kepuasan masyarakat ini adalah yang tertinggi kedua setelah Presiden Kim Young Sam di angka 83% pada tahun 1993. Sedangkan presiden wanita yang sebelumnya menjabat yaitu Park geun Hye hanya mendapat 52% di 100 hari kerja.

Baca juga: Turut Berduka Atas Meninggalnya Lee Sun Kyun, Moon Jae In: Rasanya Seolah Kenalan Dekat

Faktor positif yang membuatnya memiliki approval rating tinggi disebut karena harapan masyarakat pada sistem administrasi baru. Moon Jae In juga terkenal dengan gaya kepemimpinannya yang lebih bersahabat dan terbuka menjadi kelebihan tersendiri.

Namun ia tetap dihadapkan dengan tantangan keamanan negara, yaitu menghadapi Korea Utara yang semakin hari kian memanas provokasinya. Belum lagi bagaimana mendanai rencana kesejahteraan yang lebih luas dan negosiasi ulang tentang pakta perdagangan bebas dengan Amerika.

“Dalam artian tertentu, Moon mendapat keuntungan dari kegagalan pemerintah Park Geun Hye dan partai oposisinya yang tidak populer,” tutur seorang profesor dari Seoul National University, Kang Won Taek.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio