Dreamland
>
Berita
>
Article

Kapal Pindah ke Daratan, Begini Dahsyatnya Topan Debbie di Australia

29 Maret 2017 10:00 | 1137 hits

DREAMERS.ID - Topan Debbie menerjang Australia dan disebut super besar dengan efek dahsyat. Bahkan, topan ini disebut badai 'monster' dan membuat 25.000 orang mengungsi. Topan tersebut juga meluluhlantakkan sejumlah lokasi liburan populer.

Bak mobil jet darat, angin yang menyertai Topan Debbie memiliki kecepatan 250 km/jam dan membuatnya masuk badai kategori empat. Melansir BBC, sekitar 23.000 rumah mengalami pemutusan listrik sedangkan sebagian lainnya mengalami kerusakan.

Pihak berwenang Queensland pun mengatakan Topan Debbie adalah badai terbukur di wilayahnya sejak Tipan Yasi tahun 2011 silam. Melihat foto-foto via Detik, sejumlah kapal kecil hingga yacht merangsek naik ke daratan karena tiupan angin yang sangat kencang.

Topan Debbie diketahui menghantam bagian Timur Laut Australia juga menyebabkan pohon tumbang hingga pesawat charter-an terbalik.


"Kami mendapatkan laporan bahwa atap-atap rumah copot diterbangkan badai, bahkan termasuk atap sejumlah bangunan kepolisian," kata Wakil Komisaris Polisi Queensland Steve Gollschewski. "Pohon-pohon meliuk-liuk diterjang angin. Wilayah ini terguncang-guncang," kata seorang warga.

Meski lebih dari 2.000 pekerja darurat disiagakan, warga telah diperingatkan jika petugas hanya akan merespon jika situasinya aman untuk melakukan tindakan. Sayangnya, banyak warga menolak meninggalkan rumah mereka meski telah diperingatkan badai ini sangat merusak.

(rei/image: Detik)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio