Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Inilah Hal-hal yang Perlu Dilakukan Setelah Makan Jika Ingin Sehat

28 Mei 2016 22:00 | 2972 hits

DREAMERS.ID - Makan merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh manusia. Sebab makan membuat bertahan untuk hidup serta untuk menjaga kesehatan. Selain mengonsumsi makanan sehat serta menerapkan pola makan sehat, ada beberapa hal yang harus dilakukan setelah makan yang penting untuk menunjang kesehatan pencernaan.

Dilansir dari Health Me Up, berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak lupa untuk dilakukan setelah makan.

1. Minum teh jahe
Menurut ilmu kesehatan Ayurveda, minum teh jahe setelah makan mampu meningkatkan kesehatan pencernaan. Karena teh jahe akan mempercepat pergerakan makanan dari perut ke usus kecil, merangsang produksi enzim pencernaan, serta mengurangi gas dan perut kram.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

2. Berjalan ringan
Melakukan gerakan ringan seperti berjalan kaki setelah makan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mungkin mampu menyebabkan penurunan berat badan. Selain itu juga bisa terhindar dari gangguan pencernaan atau asam lambung karena berjalan ringan setelah makan.

3. Duduk atau berdiri dengan postur yang baik
Setelah makan, hindari duduk atau berdiri dengan postur yang buruk atau membungkuk. Sebab ketika tubuh membungkuk, maka organ dalam tubuh akan tertekan dan menghambat proses mencerna makanan. Sehingga disarankan agar selalu duduk atau berdiri dengan postur yang tegap setelah makan.

Selain tips tersebut, kita pun harus menghindari stres setelah makan. Sebab ketika merasa stres, sistem saraf pusat di bagian tubuh akan menutup. Sehingga suplai darah ke sistem pencernaan akan berkurang dan mempengaruhi kontraksi otot pencernaan, serta mengurangi sekresi yang diperlukan untuk pencernaan. Akibatnya akan merasa mual, diare, atau sembelit.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio