Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Tips Praktis Cegah Kanker

07 November 2011 00:00 | 2272 hits

Dreamers.co.id – Meskipun sudah ada pengobatannya dengan operasi dan kemoterapi, kanker masih menjadi penyakit yang menakutkan di Indonesia. Menurut data Depkes (2009), sekitar 6% atau 13,2 juta penduduk Indonesia menderita kanker, dan penyakit ini merupakan penyebab kematian kelima di Indonesia.

Cancer Institute of the U.S. Institutes of Health memberikan beberapa tips untuk mencegah penyakit kanker seperti dilansir care2.

Melakukan pemeriksaan ‘screening’ kanker

Melakukan pemeriksaan atau screening kanker secara rutin agar dapat dideteksi secara dini jika ada sel-sel kanker, dan dapat diatasi sejak awal.

Miliki berat badan normal

Menurut penelitian, orang yang mengalami obesitas memiliki resiko besar terkena kanker, seperti kanker payudara, prostat ataupun pencernaan. Obesitas dapat diukur dengan indeks massa tubuh. Idealnya indeks massa tubuh seseorang adala 28-29, sedangkan orang obesitas memliki indeks massa tubuh melebihi 30.

Hindari Rokok

Baca juga: akmu

Hampir semua kasus kanker paru-paru diderita oleh perokok. Kandungan dalam rokok yang dikonsumsi lama kelamaan dapat menumbuhkan sel kanker.  Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kanker mulut, tenggorokan, serviks, pankreas, dan lainnya.

Batasi konsumsi alkohol

Alkohol dapat menyebabkan kanker seperti kanker tenggorokan dan mulut. Selain itu, menurut penelitian, alkohol merupakan penyebab utama kanker hati dan juga dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

Lindungi kulit dari matahari

Sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari yang terus-menerus mengenai kulit kita dapat menyebabkan kanker kulit. Untuk itu, sebaiknya gunakan pelindung jika sedang beraktivitas di luar ruangan, seperti jaket, topi, dan sunblock.

Kematian akibat kanker sebenarnya dapat dicegah asal kita mau menjalankan pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. (han)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio