Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Berita
>
Article

Salut! Ini Sosok Pemuda Indonesia di Balik Tim Vaksin AstraZeneca

21 Juli 2021 12:15 | 423 hits

DREAMERS.ID - Vaksin merupakan salah satu syarat utama agar tidak terpapar Covid-19. Salah satu yang digunakan di Indonesia adalah vaksin AstraZeneca, yang mana ternyata ada peran pemuda tanah air di balik pembuatannya.

Adalah Indra Rudiansyah mahasiswa di Universitas Oxford berusia 29 tahun. Di Oxford, ia fokus dalam pendidikan S3 mengembangkan vaksin malaria. Ia masuk sebagai peneliti di Jenner Institute & Nuffield Department of Clinical Medicine di universitas itu bersama ilmuwan Profesor Sarah Gilbert.

Indra Rudiansyah disebut berperan penuh dalam menganalisa data-data respon imun tubuh para relawan yang menerima vaksin. Semenjak bergabung pada awal Mei 2020, Indra telah menghabiskan waktu rata-rata 10 jam di laboratorium setiap harinya.

Baca juga: Peneliti Uji Coba Vaksin COVID-19 dalam Bentuk Bubuk

"Ada ratusan peneliti yang bekerja. Sumber daya yang besar ini bertujuan agar vaksin segera bisa dikembangkan dengan cepat," ujarnya, sebagaimana dikutip dari laman CNBC Indonesia.

Melansir Kompas, Indra Rudiansyah mengajukan diri untuk menjadi bagian karena saat itu tim peneliti vaksin kekurangan sumber daya manusia. Semua orang diperbolehkan bergabung untuk mempercepat proses produksi vaksin ini.

Indra menambahkan, "Biasanya, untuk mendapatkan data uji klinis vaksin fase pertama dibutuhkan waktu hingga lima tahun, tapi tim ini bisa menyelesaikan dalam waktu enam bulan." Ia memastikan bahwa efektifitas vaksin AstraZeneca tergolong tinggi termasuk mencegah virus varian delta.

(rzlth)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio