Dreamland
>
Berita
>
Article
Disebut Posisi 'Basah', Jabatan Menteri Apa yang Jadi Rebutan di Kabinet Presiden Jokowi Nantinya?
11 Juli 2019 22:00 | 599 hits

DREAMERS.ID -Joko Widodo memang baru akan kembali dilantik bulan Oktober mendatang, namun posisi-posisi strategis seperti memteri telah disasar banyak terutama oleh partai koalisi yang memang wajar saja mendapat ‘jatah’ lebih banyak meski tak menutup kemungkinan Jokowi memberikan kesempatan pula pada kubu pesaingnya.

Dan di antara posisi menteri yang terbagi ke beberapa kementerian, ada istilah jabatan paling ‘basah’ yang memiliki arti penting dan terkait lamgsun dengan masyarakat atau hajat hidup orang banyak. 

Seorang pengamat politik, Ray Rangkuti pun memperkirakan Kementerian Desa jadi posisi menteri paling ‘basah’ dan diincar oleh partai pendukung Jokowi - Maruf Amin di Pilpres 2019.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ini akan dijadikan proyeksi memupuk basis massa melalui program kementerian tersebut. 

"Sejak 2010, kementerian yang' basah' tidak hanya terkait kementerian ekonomi, tapi juga kementerian yang terkait langsung dengan hajat publik, seperti Kementerian Desa," kata Ray.

Dia mengatakan program pengucuran dana desa oleh Kementerian Desa, dapat menyita perhatian publik yang positif, khususnya masyarakat di desa-desa,sehingga akan berimbas positif bagi partai yang berhasil menempatkan kadernya sebagai menteri di sana.

Untuk diketahui, pada periode jabatan Jokowi yang pertama, hanya Partai PLB yang berminat dengan posisi Kementerian Desa yang menurut Ray ingin menjaga basis massa pemilih yang mayoritas tinggal di desa.

Baca juga: Berbekas dan Mesra, Gerindra Beri Sinyal Akan Ada Pertemuan Antara Jokowi-Prabowo Lagi?

Namun di periode ke depan, PDI Perjuangan diperkirakan juga akan mengincar kementerian tersebut untuk kadernya. sebab PDIP belum memiliki figur yang cukup kuat untuk dicalonkan sebagai presiden tahun 2024, sehingga butuh memupuk basis massa yang lebih kuat.

Adapun Golkar, melansir laman Antara, menurutnya akan tetap meminati sektor kementerian yang berkaitan dengan masyarakat menengah ke atas, sebagai basis massanya. 

 

--

DREAMERS! Ayo update berita terbaru mulai dari News, Entertainment, dan Lifestyle sambil dengerin lagu-lagu K-Pop, Barat atau Indonesia paling hits dengan Download Mobile App DREAMERS.ID! Kini tersedia di iOS App Store dan GOOGLE Playstore lho

GRATIS!

Nah, Kamu juga bisa eksis di FORUM dan FAN-FICTION lho. 
Asik banget kan! 

Download sekarang juga ya!

(rei)

RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio