Dreamland
>
Berita
>
Article

Bukan Lagi Dari Orang Lain, Begini Penjelasan Sebenarnya Soal Penutup Mata Nyentrik dari Anak Habibie

15 September 2019 13:31 | 1300 hits

DREAMERS.ID - Penampilan anak dari almarhum BJ. Habibie yaitu Thareq Habibie menarik perhatian terutama di momen-momen kepergian presiden ketiga RI tersebut. Mulai di rumah duka hingga di pemakaman lantaran memakai penutup mata.

Penutup mata itu mendapat banyak respon publik dan juga pertanyaan. Termasuk karena tampilannya seperti penutup mata bajak laut. Sempat dikonfirmasi, namun kini Thareq sendiri berbicara di depan awak media.

Ternyata, Thareq mengalami gangguan mata sejak 3,5 tahun lalu dan bisa melihat lebih baik dengan menutup salah satunya menggunakan penutup mata.

"Sekarang once and for all, saya jelasin di depan TV bahwa saya itu kan sebetulnya diabetes. Diabetes itu mengakibatkan saya jadi glaukoma. Glaukoma adalah di mana di mata terjadi perubahan tekanan. Kalau tekanannya membesar, ini mata kiri saya masih bagus, tekanannya kira-kira 13. Mata sini udah 25," kata Thareq dikutip dari detikcom.

Baca juga: Curhat AHY yang Saran Liburan Ditolak SBY Sampai Wejangan Haru dari Almarhum Habibie

"Cuman kalau gini saya nggak ngelihat apa-apa. Cahaya pun nggak kelihatan. Kalau saya buka gini, saya lihat kalian tuh lebih buram, nggak bisa tajam. Karena begini mungkin otak saya udah puluhan. Saya baru begini udah 3 tahun, 3,5 tahun. Saya udah terbiasa ngelihat ini. Begitu terbuka setengah kabur. Kalau ketutup begini, saya bisa fokus," lanjutnya.

Penutup mata seperti yang digunakan Thareq Habibie bukan barang asing dalam dunia medis. Beberapa kondisi gangguan penglihatan memang menyaratkan penggunaan penutup mata, atau biasa disebut eye patch. Eye patch bisa digunakan pasien berusia anak hingga dewasa.

"Bentuk eye patch macam-macam. Bisa seperti plester yang menutup mata atau kain atau kulit dengan tali atau sling. Pak Thareq sepertinya pakai yang berbahan kain atau kulit," kata dokter ahli kesehatan mata dr Gitalisa Andayani, SpM(K)

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio