Dreamland
>
Berita
>
Article

Tak Ada Apresiasi di Ujung Debat Perdana Pilpres 2019 Meski Sudah Diminta Moderator?

18 Januari 2019 09:05 | 1341 hits

DREAMERS.ID - Di akhir segmen  yang diselenggarakan di Hotel Bidakara pada Kamis (17/1) tadi malam, kedua paslon sebenarnya diberi kesempatan berulang untuk saling memberi apresiasi.

Namun anehnya, kedua paslon kompak tak memberi apresiasi untuk satu sama lain yang cukup banyak dibahas oleh media. Padahal, melansir Detik, pemberian apresiasi di akhir debat bertujuan untuk menyejukkan suasana.

Capres Jokowi saat menyampaikan closing statement menegaskan bersama cawapres Ma'ruf Amin sudah memahami persoalan bangsa. Jokowi menegaskan tidak ada beban masa lalu dalam memimpin pemerintah

"Jokowi-Amin akan pertaruhkan jabatan dan reputasi, dan akan kami gunakan semua kemampuan yang kami miliki untuk perbaikan bangsa ini," kata Jokowi.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Nama-nama 11 Panelis Debat Pertama Pilpres 2024 dari KPU

Sebenarnya masih ada waktu sekitar 1 menit tersisa, moderator Ira Koesno pun mempersilakan Jokowi untuk memberikan apresiasi kepada pihak lawan. Namun Jokowi menjawabnya dengan sudah cukup.

Hal yang sama dilakukan capres Prabowo. Prabowo dalam closing statement-nya menegaskan dirinya bersama cawapres Sandiaga Uno bertekad mencari jalan keluar atas kebocoran-kebocoran di negara. Dan hingga waktu berakhir Prabowo tak juga menyampaikan apresiasi ke paslon nomor urut 01.

“Tidak ada yang memberi apresiasi malam ini," kata moderator Ira Koesno.

Namun setelahnya, kedua paslon terlihat bersalaman dan berangkulan, bahkan cawapres Sandiaga Uno terlihat mencium tangan cawapres Ma’ruf Amin hingga empat kali.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio