Dreamland
>
Berita
>
Article

Cerita SBY yang Keluhkan Sulitnya Jalin Koalisi dengan Jokowi: Banyak Hambatan dan Rintangan

25 Juli 2018 10:53 | 1030 hits

DREAMERS.ID - Persandingan antara era Jokowi dengan era SBY memang tak pernah ada habisnya, mulai dari masalah ekonomi, pembangunan infrastruktur, hingga masalah kecil seperti pernikahan  kedua anak tokoh itu. Bahkan banyak pemberitaan yang menganggap kedua tokoh itu saling bersautan dan bersitegang.

Seperti yang satu ini. sebelumnya, dalam rangkaian safari politik Tour de Java, SBY sempat mengkritik proyek infrastruktur pemerintahan Joko Widodo. Dalam sejumlah laporan, SBY menyebut bahwa tidak baik menggenjot proyek infrastruktur ketika ekonomi lesu.

Lalu kritikan SBY itu pun dijawab Jokowi pada 18 Maret 2018 saat ia blusukan ke Hambalang, proyek kompleks olahraga yang mangkrak pada masa pemerintahan SBY. Tak selang berapa lama, Jokowi pun mencuit di Akun Twitternya yang mengatakan bahwa sedih melihat aset negara di proyek Hambalang mangkrak, penuh alang-alang, harus diselamatkan.

Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa koalisi antara Jokowi dan SBY sulit untuk dilakukan. Melansir Detik,  Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkap sulitnya kemungkinan berkoalisi dengan Jokowi. Hal itu disampaikannya berbarengan saat pertemuannya dengan Prabowo.

Baca juga: AHY Resmi Jadi Penerus Takhta Demokrat Sebagai Ketum, Begini 3 Tugas Terakhir Dari SBY

"Saya menjalin komunikasi dengan Pak Jokowi hampir satu tahun untuk juga menjajaki kemungkinan kebersamaan dalam Pemerintahan. Pak Jokowi juga berharap Demokrat di dalam. Namun saya menyadari banyak sekali rintangan dan hambatan untuk koalisi itu," kata SBY dalam jumpa pers bareng Prabowo di kediamannya, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

"Untuk berkoalisi itu perlu iklimnya baik, kesediaan untuk saling berkoalisi juga, ada mutual trust, mutual respect. Itu yang jadi hambatan sekarang ini," kata SBY.

Disisi lain, hingga kini belum ada kesepakatan koalisi PD-Gerindra dalam pertemuan malam kemarin. Prabowo, dalam jumpa pers yang sama, mengatakan akan ada pertemuan lanjutan yang bersifat lebih teknis membahas kemungkinan berkoalisi. 

(mdi)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio