Dreamland
>
Berita
>
Article

Ukir Sejarah! Momen Mengejutkan Pertemuan Pemimpin Korsel-Korut Sambil Gandengan Tangan

27 April 2018 10:25 | 1837 hits

DREAMERS.ID - Pertemuan antar kedua negara yang sebenarnya bersaudara, Korea Selatan dan Korea Utara resmi terjadi di garis demarkasi militer alias desa gencatan senjata Panmunjom. Zona netral itu jadi saksi momen super bersejarah yang pertama kalinya terjadi.

Kedua pemimpin negara itu yaitu Moon Jae In dari Selatan dan Kim Jong Un dari Utara terlihat sangat mesra. Tak nampak gambaran ‘perang’ yang puluhan tahun belakangan terjadi secara panas dan menegangkan.

“Saya senang bertemu Anda,” ujar Moon sambil tersenyum pada Kim, melansir Detik yang dibalas oleh respon Kim Jong Un.


 

"Saya datang ke sini bertekad untuk mengirim sinyal awal di ambang sebuah sejarah baru," kata Kim kepada Moon, seraya menjanjikan "pemikiran yang terbuka, serius dan jujur".

Moon Jae In dan Kim Jong Un berjabat tangan di atas tanah garis demarkasi militer tersebut, menobatkan Kim jadi pemimpin Korut pertama yang menginjakkan kaki di Korsel sejak Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada 65 tahun silam.

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

Setelah mengabadikan lewat foto, keduanya menuju lokasi diskusi di mana terlihat momen sangat mesra. Keduanya bergandengan tangan sambil memandu satu sama lain untuk melewati jalan.


Moon mengatakan bahwa dirinya berharap mereka akan mencapai "kesepakatan kuat sehingga kita bisa memberikan hadiah besar bagi seluruh rakyat Korea dan orang-orang yang menginginkan perdamaian".

Dari pihak Korea Utara, kantor berita resminya KCNA melaporkan jika Kim  "akan membahas secara terbuka semua isu yang muncul dalam memperbaiki hubungan antar-Korea dan mencapai perdamaian, kemakmuran dan reunifikasi semenanjung Korea".

Hawa ‘damai’ makin terasa di mana kedatangan Kim disertai oleh saudara perempuan sekaligus penasihat dekatnya yang sebelumnya sudah sempat bertemu Moon Jae In di ajang Olimpiade PyeongChang 2018, bernama Kim Yo Jong.

(rei/image: Detik)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio