Dreamland
>
Berita
>
Article

Presiden Park Ajukan Pengunduran Diri ke Parlemen Korea Selatan, Siap Lengser?

29 November 2016 16:10 | 1099 hits

DREAMERS.ID - Setelah lima kali demo besar dilakukan oleh jutaan warga, dan kemarin sempat menolak untuk menjalani pemeriksaan di Kejaksaan pada hari ini (29/11), kini presiden Korea Selatan Park Geun Hye dikabarkan sudah mengutarakan keinginannya untuk mengundurkan diri.

Dilansir dari BBC.co.uk, sang presiden mengatakan bahwa dia akan menyerahkan semua kelangsungan karirnya kepada parlemen, termasuk jika harus memotong masa jabatannya. Namun di saat yang bersamaan, ia juga tak ingin meninggalkan kekosongan kekuasaan.

Kabar ini ditanggapi sinis oleh perwakilan partai oposisi, Youn Kwan Suk, yang mengatakan bahwa keinginan tersebut hanyalah ‘trik’, “Apa yang warga inginkan adalah pengunduran diri segera, bukan mengulur dan melimpahkan tanggung jawab ke parlemen,” ucapnya.

Baca juga: Total Sudah 33 Tahun, Jaksa Minta Hukuman Penjara Mantan Presiden Park Geun Hye Ditambah

Parlemen Korea Selatan sendiri akan mendiskusikan masalah ini pada Jumat mendatang, untuk memutuskan apakah Presiden Park akan lengser, dan menghadapi dakwaan penyalahgunaan kekuasaan mengarah korupsi yang melibatkan presiden wanita tersebut dengan teman dekatnya Choi Soon Sil.

Seperti yang sempat diberitakan sebelumnya, bahwa jabatan presiden kebal hukum. Sehingga Park Geun Hye tidak mungkin menjalani proses hukum lebih jauh jika masih menjabat. Hingga kini, mantan ajudannya Ahn Chung Bum dan Chung Ho Sung, serta sutradara video musik Cha Eun Tak sudah ditahan karena diduga terlibat skandal ini.

(mth)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio