Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Cari Tahu Penyebab Warna Kulit Tidak Merata dan Cara Mengatasinya

08 Oktober 2015 13:20 | 1968 hits

DREAMERSRADIO.COM - Warna kulit yang tidak merata menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi. Karena membuat kulit terlihat kusam, memiliki warna kulit yang tidak merata tentu membuat rasa percaya diri menurun.

Untuk mengatasinya, kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab warna kulit tidak merata menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Fitria Umar, melansir laman CCN Indonesia.

1. Hormon tidak seimbang
Wanita yang sedang hamil dan menopause adalah beberapa keadaan di mana hormon sedang tidak seimbang. "Perubahan warna kulit sering terjadi pada orang hamil, leher jadi lebih gelap, lipatan di perut juga, muka di wajah juga sering ada 'topeng hitam',” kata Fitria

Sedangkan saat menopause, ingkat hormon esterogen akan menurun dan menyebabkan kelenturan kulit berkurang dan warna kulit menjadi tidak merata.

2. Paparan sinar matahari
Sinar ultraviolet membuat kulit jadi lebih gelap, apalagi jika intensitasnya sering dan lama. Sehingga menyebabkan pigmentasi dan membuat kulit menjadi lebih kusam, berminyak, dan kering.

Perpaduan perubahan hormon dan paparan sinar matahari juga sering memicu munculnya melasma atau bintik hitam di kulit. Melasma merupakan suatu kondisi medis yang ditandai dengan munculnya bercak hiperpigmentasi yang dapat timbul di daerah kulit manapun.

Melasma muncul setelah kulit terekspos oleh sinar matahari secara terus menerus, biasanya di dagu, pipi, dahi dan bibir atas. Hal ini lebih sering terjadi pada individu yang berkulit gelap dan wanita, biasanya muncul pada masa-masa reproduksi mereka.

3. Kosmetik yang tidak tepat
Fitria juga mengatakan pemakaian kosmetik yang tidak tepat sering membuat warna kulit tidak merata. Perubahan itu terjadi sebagai bentuk sensitifitas kulit pada zat-zat yabg terkandung dalam kosmetik.

Nah, untuk mengatasi warna kulit tidak merata tersebut, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Konsumsi air putih
Menjaga hidrasi kulit dengan lebih banyak mengonsumsi air putih dan rutin melakukan perawatan dapat menghindarkan kita dari masalah warna kulit tidak merata.

2. Cuci wajah dengan air dingin
Cuci wajah atau mandi dengan menggunakan air dingin dan sabun lembut sesuai jenis kulit. Setelah itu oleskan pelembab atau moisturizer setiap hari agar kulit selalu cerah, dan warna kulit merata. Jika perlu, lakukan face scrub ringan ditambah dengan pemakaian masker sesuai jenis kulit.

3. Olahraga
Rajin berolahraga dan mengonsumsi vitamin C dan E pun bisa membantu memulihkan warna kulit. Bisa juga perbanyak minum jus sayuran atau buah.

4. Tabir surya
Yang terpenting gunakan tabir surya ketika keluar rumah. "Sebenarnya untuk orang Asia cukup SPF 15. Tapi berhubung kondisinya lapisan ozon sudah menipis, minimal gunakan yang mengandung SPF 30," kata Fitria.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio