Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Bagaimanakah Tradisi Lebaran di Penjuru Dunia?

10 Agustus 2013 20:07 | 2529 hits

DREAMERSRADIO.COM - Lebaran merupakan momen spesial bagi para umat Islam di seluruh dunia karena mereka merayakan hari kemenangannya. Jika kita sudah sangat mengetahui tradisi Lebaran di Indonesia, bagaimana dengan tradisi Lebaran yang dilakukan oleh umat Muslim di penjuru dunia yang lain?

Eropa
Komunitas Muslim di Eropa tidak bisa merayakan Idul Fitri dengan meriah. Hal ini dikarenakan di negara-negara Eropa, hari Idul Fitri tidak ditetapkan sebagai hari libur. Oleh karena itu, kebanyakan umat Muslim di Eropa tetap bekerja atau sekolah seperti biasa. Biasanya mereka akan mengambil cuti agar bisa mengikuti salat Ied dan bersilaturahmi.

Turki
Masyarakat Turki mengenal Lebaran dengan istilah ‘bayram’. Mereka akan saling menyampaikan salam lebaran ”Bayramýnýz kutlu olsun” atau ”Bayramýnýz mübarek olsun” yang berarti ‘Semoga bayram-mu menjadi berkah’. Perayaan lebaran di Turki mirip dengan Indonesia. Mereka saling bersilaturahmi sambil mengenakan baju baru. Mereka juga membayar zakat dan melakukan penggalangan dana untuk kaum miskin.

Iran
Sebagian besar warga Muslim di Iran adalah pengikut ajarah Syiah, sehingga perayaan Idul Fitri di Iran cenderung personal dan kurang semarak. Perayaan dilakukan dengan salat Ied berjamaah di masjid yang dilanjutkan dengan acara silaturahmi keluarga.

India, Pakistan, Bangladesh
Tiga negara bertetangga ini memiliki Lebaran yang mirip. Di malam terakhir bulan puasa yang disebut juga malam Chand Raat atau malam bulan, biasanya para warga Muslim akan memenuhi pusat perbelanjaan untuk membeli baju. Para perempuan mengecat tangan mereka dengan henna dan mengenakan pakaian warna-warni. Makanan khas Lebaran di tiga negara ini adalah sivayyan, yang mirip dengan bihun.

Cina
Walaupun penganut Islam di Cina tidak banyak, tetapi perayaan Lebaran di negara yang menganut sistem politik komunis ini tetap berlangsung meriah. Saat Idul Fitri, kota Xinjiang dipenuhi sekitar seribu umat yang melaksanakan salat Ied. Setelah salat, jamaah akan berkumpul untuk masak dan makan bersama. Kemudian acara dilanjutkan dengan mengunjungi makam dan pembacaan doa.

(nes)

Baca juga: Disney+ Bakal Rilis Film Pendek Bertema Idul Fitri

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio