Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Kini Virus Paling Canggih Telah Ditemukan

19 Agustus 2012 06:00 | 8187 hits

Perkembangan teknologi juga diikuti dengan virus komputer yang semakin canggih. Sebuah virus komputer baru yang disebut paling canggih ditemukan. Virus yang dijuluki Flame ini dilaporkan untuk menyerang Iran dan beberapa negara di Timur Tengah.

Hal tersebut terlacak oleh vendor anti virus, Kaspersky. Menurut mereka virus tersebut dinyatakan sangat rumit, atau 20 kali lipat lebih kuat dibanding program cyberwarfare lain yang telah terdeteksi. Termasuk Stuxnet, virus yang pernah bikin heboh karena menyerang fasilitas nuklir Iran.

Karena hal itulah, virus ini dianggap sebagai virus yag dibuat pemerintah sebuah negara. Iran sendiri berulang kali menuduh Barat dan Israel membuat program jahat tersebut. Selain Stuxnet, program jahat lain yang menyerang Iran adalah Duqu.

Flame punya kemampuan canggih. Seperti mengumpulkan data rahasia, mengubah setting komputer secara remote, menghidupkan mikrofon komputer untuk merekam pembicaraan, mengambil screenshot dan mengkopi pembicaraan di instant messaging.

Baca juga: akmu

Kapsersky itu pun meminta bantuan untuk memahami virus tersebut. Mereka mengatakan kode 20 kali lipat ukuran kebanyakan software jahat. Sejatinya virus ini telah beredar 5 tahun lalu dan menginfeksi komputer di Iran, Israel, Sudan, Suriah, Libanon, Arab Saudi, dan Mesir.

“Jika Flame tidak ditemukan selama lima tahun, kesimpulan logisnya adalah ada operasi lain yang sedang berlangsung yang tidak kami ketahui,” tutur Roel Schouwenberg, periset sekuriti senior Kaspersky.

Bahkan Profesor Alan Woodward dari jurusan ilmu komputer University of Surrey membenarkan kecanggihan virus tersebut. Program jahat ini bisa menggaet informasi dengan mengkopi ketikan di keyboard dan suara orang di sekitar.

“Virus ini tidak dibuat oleh remaja di kamarnya. Virus ini besar, kompleks dan ditujukan untuk mencuri data sambil tetap tersembunyi dalam waktu lama,” terangnya seperti dilansir dari Telegraph.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio