Dreamland
>
Artis
>
Article

Pencipta Lagu IU Angkat Bicara Terkait Tuduhan Plagiat

12 Mei 2023 13:40 | 1168 hits

DREAMERS.ID - Menyusul  berita tentang IU yang dilaporkan atas tuduhan pelanggaran undang-undang hak cipta sehubungan dengan enam lagunya ‘The Red Shoes’, ‘Good Day’, ‘BBIBBI’, ‘pitiful’, ‘Boo’, dan ‘Celebrity’, dua penulis lagu Lee Min Soo dan Lee Jong Hoon, angkat bicara mengenai isu tersebut.

Pada 11 Mei, Lee Min Soo, yang menulis ‘The Red Shoes’ dan ‘Good Day’, secara pribadi membahas tuduhan plagiarisme ini dalam sebuah pernyataan. “Hati saya berat karena sapaan pertama saya setelah sekian lama adalah awal dari topik yang begitu sulit,” katanya.

“Kemarin sore, saya membaca sebuah artikel bahwa ‘Good Day’ dan ‘The Red Shoes’, dua lagu IU yang saya tulis, dituduh melakukan plagiarisme.”

“Saya membantah isu ‘The Red Shoes’ melalui siaran pers ketika dirilis pada tahun 2013 dan menahan diri untuk tidak berkomentar lebih jauh karena tidak ada gunanya. Namun, karena kritik baru-baru ini yang tidak masuk akal terhadap artis tersebut, saya dengan hati-hati meninggalkan pesan ini.”

“Saya tidak merujuk atau memikirkan lagu orang lain saat mengerjakan ‘Good Day’ dan ‘The Red Shoes’. Sebagai penulis lagu ‘Good Day’ dan ‘The Red Shoes’, saya harap ini tidak meninggalkan luka di hati siapa pun, terutama di hati IU dan hati orang-orang yang mencintai IU,” pungkasnya.

Kemudian Lee Jong Hoon, yang menulis ‘BBIBBI’ juga membagikan sikapnya tentang tuduhan plagiarisme tersebut. Dia berkata, “Saya menemukan sebuah artikel bahwa keluhan plagiarisme diajukan terhadap ‘BBIBBI’, lagu yang saya buat.”

Baca juga: Hyein NewJeans Ungkap Kesan Jadi Featuring di Lagu IU 'Shh...'

“Sebagai permulaan, kami merasa menyesal karena Anda memilih target yang salah atas tuduhan plagiarisme. Hak cipta (kekayaan intelektual) adalah domain pencipta, bukan domain penyanyi. Bahkan jika keluhan atau tuduhan dibuat, itu pantas untuk diajukan terhadap saya, sang komposer.

“Kedua, karena plagiarisme dikategorikan sebagai chingojae (pelanggaran yang hanya dapat dituntut dengan pengaduan oleh korban), pengaduan atau tuduhan pihak ketiga tidak memiliki akibat hukum. Ini hanya dimaksudkan untuk merusak artis karena jelas menunjukkan bahwa mereka tidak berusaha membuat konsekuensi hukum.”

“Terakhir, saya tidak menjiplak karya lain selama mengerjakan ‘BBIBBI’. Setelah mendengarkan “berbagai” lagu di video YouTube yang “mengklaim” kesamaan, selain karakteristik genre hip hop/r&b, saya malah bisa memastikan perbedaan dan individualitas dalam banyak aspek, mulai dari progresi akor, struktur lagu, pengaturan instrumen, dan lainnya”.

Dia melanjutkan, “Sementara saya mencoba untuk memeriksa tuduhan untuk menilai situasi secara akurat, saya diberitahu bahwa bahkan EDAM Entertainment belum dapat memperoleh akses ke pengaduan dan memeriksa rincian yang tepat dari tuduhan itu akan sulit.”

Jika ada aspek di masa mendatang yang membutuhkan penjelasan saya, saya akan menjelaskan secara lengkap dan mengoreksi jenis kecaman dan kesalahpahaman ini bahkan tanpa melalui proses hukum.”

“Saya ingin mengatakan bahwa ini bukan hanya keinginan kuat saya untuk melestarikan makna kreasi saya, tetapi juga untuk meningkatkan lingkungan kreatif penulis yang ada ke arah yang sedikit lebih diinginkan. Terima kasih.”

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio