Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Berita
>
Article
Berbagai Negara Tarik Produk Jamur Enoki Asal Korea Selatan, Termasuk Indonesia
25 Juni 2020 18:15 | 389 hits

DREAMERS.ID - Berdasarkan penyelidikan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) menemukan bahwa jamur enoki yang dipasok oleh Green Co.Ltd asal Korea Selatan, yang kemungkinan mengandung bakteri Listeria. Hal ini diketahui, berdasarkan analisis epidemiologi, penelusuran rekam jejak, dan bukti laboratorium.

Laporan dari CDC menunjukkan, adanya 36 orang yang terinfeksi bakteri Listeria monocytogenes dan berasal dari 17 negara. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan sejak tanggal 23 November 2016 hingga 13 Desember 2019, pasien memiliki rentang usia kurang dari 1 tahun hingga 96 tahun dengan rata-rata penderita 67 tahun.

Karena kasus tersebut, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian di beberapa Negara, termasuk Indonesia telah menyatakan untuk melakukan penarikan dan memusnahkan produk jamur enoki dari Green Co Ltd Korea Selatan.

Agung Hendriadi selaku Kepala Badan Ketahanan Kementan mengatakan sampai sekarang belum ditemukan kasus akibat kontaminasi bakteri dari jamur enoki di Indonesia.

Baca juga: Spicy Enoki Mushroom, Makanan Favorit Youtuber Mukbang

“Pemusnahan dilakukan pada tanggal 22 Mei 2020 dan 19 Juni 2020 di PT siklus Mutiara Nusantara, Bekasi, yang dihadiri oleh perwakilan dari pelaku usaha dan BKP, sejumlah 1.633 karton dengan berat 8.165 kg”, kata Agung dikutip dari Antara.

Agung juga menjelaskan bahwa Listeria monocytogenes merupakan salah satu bakteri yang tersebar di lingkungan pertanian, baik di tanah, tanaman, silase, fekal, limbah dan air. Bakteri ini juga tahan pada suhu dingin.

Bakteri Listeria dapat dihilangkan pada suhu 75 derajat celsius. Bakteri ini dapat mengakibatkan penyakit Listeriosis yang mempunyai konsekuensi sakit hingga meninggal dunia, utamanya pada golongan rentan, balita, ibu hamil, dan manula.

Berdasarkan data International Food Safety Authority Network (INFOSAN) pada April 2020, Kejadian Luar Biasa (KLB) Listeria monocytogenes pernah terjadi di Amerika Serikat pada 2014 dan 2020, serta Afrika Selatan pada 2018.

(Rie127)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio