Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Berita
>
Article
Tidak Perlukan Modal Besar, Bisnis Frozen Food Cocok Bagi Pemula?
25 Juni 2020 23:00 | 1021 hits

DREAMERS.ID - Sejak virus corona menyebar, pemerintah menegaskan agar masyarakat tetap berada di rumah saja dan tidak berpergian jika tidak ada kepentingan. Selain itu, tempat-tempat usaha juga banyak yang tutup karena pandemi virus corona. Hal ini tentu saja berdampak pada perekonomian masyarakat.

Belakangan ini banyak masyarakat yang memulai bisnis dadakan dengan membuka bisnis frozen food atau makanan beku. Bisnis ini juga dapat membantu perekonomian masyarakat yang terkena dampak covid-19.

Namun, bagi kamu yang masih ingin memulai bisnis frozen food tidak perlu khawatir. Dilansir dari Detik, berikut ini terdapat tips-tips jitu yang dapat dipraktekan dalam memulai usaha frozen food. Yuk simak dibawah ini!

1. Buat Rencana Bisnis

Setiap kali memulai bisnis, pastikan untuk menyusun rencana terlebih dahulu. Dimulai dari produk apa yang ingin dijual, jenis pengiriman (apakah secara online atau offline). Selain itu, catat perlengkapan apa saja yang dibutuhkan, bahan-bahan yang diperlukan, cara pengemasan, hingga menentukan harga jual.

2. Modal Usaha

Setiap usaha pastinya harus memiliki modal awal. Namun, untuk bisnis frozen food ala rumahan, kamu dapat memanfaatkan peralatan yang ada dirumah. Selebihnya, kamu dapat menabung terlebih dahulu untuk keperluan lain yang memang harus dibeli.

3. Peralatan

Untuk menjalankan bisnis frozen food, ada beberapa alat yang wajib ada, seperti mesin vacum sealer untuk makanan atau box plastik untuk mengemas frozen food. Selain itu, untuk beberapa jenis makanan frozen food seperti egg roll atau nugget diperlukan menggunakan food processor untuk menghancurkan dagingnya.

4. Teknik Pemasaran

Setelah semuanya siap, tentu saja kini bagian memasarkan produk. Di era modern ini, sedikit sulit untuk memasarkan produk dari mulut ke mulut. Selain menawarkan produk secara langsung, ada baiknya produk juga dipasarkan secara online dengan menggunakan media sosial.

Kamu dapat membuat akun untuk menjual produk, atau jika memungkinkan kamu dapat menggunakan jasa endorse agar produk kamu banyak dilihat oleh orang di media sosial, seperti di Instagram

5. Reseller

Tidak cukup menggunakan media sosial dan jasa endorse? Kamu dapat melakukan open reseller. Artinya, kamu dapat mengajak orang lain untuk membantu menjual produk yang dijual.

Untuk reseller tentunya ada harga khusus yang diberikan, dengan adanya reseller penjualan produk dapat lebih menyebar, sekaligus dapat membantu orang lain untuk mendapatkan penghasilan dari penjualan produk.

6. Mengurus Lisensi Makanan

Lisensi makanan seperti BPOM atau Halal MUI tidak harus diurus secara langsung saat kamu memulai bisnis. Hal ini dapat dilakukan ketika bisnis frozen food kamu sudah berkembang dan meluas. Untuk izin makanan selain daging, kamu dapat mengurus ke Dinas Perindustrian setempat atau hanya PIRT.

(Rie127)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio