Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Mengenal Mooncake, Kue Bulan Tradisi Negeri Tirai Bambu Saat Musim Gugur

03 Oktober 2020 12:15 | 785 hits

DREAMERS.ID - Saat perayaan menyambut musim gugur, Tiongkok punya tradisi menyajikan kue bulan bahkan dijadikan festival bernama Mooncake Festival. Tahun ini festival pertengahan musim gugur jatuh pada 1 Oktober.

Melansir CNN Indonesia, festival ini menjadi salah satu acara penting di China yang dirayakan dengan membuat dan makan kue bulan. Mooncake mulanya sajian khusus pada pertengahan musim gugur sebagai penghormatan dan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen.

Kue ini berbentuk bulat yang diisi dengan kacang merah yang sudah dihaluskan atau biji teratai. Jika dipotong bagian dalam kue ini terdapat ukiran khas huruf China serta berisi satu atau lebih kuning telur yang melambangkan bulan purnama.

Untuk kulit kue bulan menyerupai kulit pai, kenyal, dan empuk. Bagian atas kulit terukir karakter Tionghoa sebagai harapan untuk umur panjang atau harmoni. Sejumlah bunga dan tanaman juga jadi hiasan di bagian kulit kue bulan.

Banyak varian mooncake yang terkenal seperti Gaya Beijing, Gaya Suzhou, Gaya Guangzhou. Untuk yang populer saat ini adalah kue bulan snowskin yang berasal dari Hong Kong terbuat dari beras ketan. Kue ini disajikan dingin dan lembut seperti salju. Isian kue bulan snowskin juga lebih modern seperti teh hijau, selai, dan sebagainya.

(bnt)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio