Dreamland
>
Berita
>
Article

Balasan 'Murka' Donald Trump: Usir Pesawat Cina dari Amerika

04 Juni 2020 13:45 | 2160 hits

DREAMERS.ID - Di tengah kasus kericuhan menyerang berbagai negara bagian di Amerika Serikat akibat isu rasisme hingga menewaskan pria kulit hitam, George Floyd, Presiden Donald Trump dikabarkan murka dengan Cina.

Ia melarang maskapai Cina untuk terbang ke Amerika Serikat mulai bulan ini. Aksi ini dipicu dan dilakukan untuk membalas perlakuan pemerintah Cina yang juga melakukan kebijakan serupa. Melansir Detik pada Kamis (4/6), Cina memang melarang sejumlah maskapai Amerika untuk terbang lagi atau pun sebaliknya pada 1 Juni lalu akibat wabah virus corona atau COVID-19.

Kedua maskapai dari AS yang dilarang terbang lagi ke China yaitu Delta Airlines dan United Airlines. Kebijakan Trump ini pun seperti sebuah hukuman baru dari AS kepada China karena tidak patuh terhadap negeri Paman Sam.

Kebijakan pelarangan maskapai Cina masuk Amerika ini diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan AS pada Rabu kemarin dan mulai berlaku 16 Juni mendatang. Namun dari kabar yang beredar, Presiden Trump justru ingin kebijakan ini diberlakukan lebih cepat.

Baca juga: Mantan Istri Donald Trump, Ivana Trump Meninggal Dunia

"Kegagalan pemerintah China untuk menyetujui permintaan mereka merupakan pelanggaran terhadap Perjanjian Transportasi Udara," demikian pernyataan Kemenhub AS lewat email.

Seperti yang diketahui, hubungan antara Amerika Serikat dan Cina memang tengah tidak harmonis beberapa waktu belakangan. Sempat bersitegang karena banyak hal seperti saling tuding dalang penyebab virus corona, corona jenis baru sampai masalah Laut Cina Selatan jadi pemicunya.

Menurut pendapat sejumlah pengamat, hubungan Amerika Serikat dan China kini terjebak dalam Perang Dingin era baru. Ditakutkan ke depannya bisa terjadi konfrontasi antar kedua negara penguasa ekonomi dunia tersebut.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio