Dreamland
>
Berita
>
Article

Walikota Ridwan Kamil Siap Sulap Sungai Cikapundung Seperti di Korea Selatan

02 Desember 2016 16:50 | 1514 hits

DREAMERS.ID - Pemerintah Kota Bandung akan merevitalisasi Sungai Cikapundung di wilayah Pasirluyu, Kecamatan Regol. Bantaran sungai sepanjang 1 km itu nantinya akan direvitalisasi seperti Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

"Revitalisasi sungai yang paling baik itu sekarang ada di Korea Selatan. Nggak ada salahnya kan kita belajar. Kita akan didampingi 1 kilometer rencana penataan di Pasirluyu, Sungai Cikapundung, itu ada bantuan dan pendampingan," ujar Walikota Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengaku telah menginstruksikan arsitek Kota Bandung untuk menggambarkan rencana penataan wilayah Pasirluyu. Bantaran sepanjang 1 km itu akan dibangun beberapa fasilitas, seperti taman, penanaman tanaman vertikal, dan penataan perumahan kumuh.

Baca juga: Puan Maharani Tegaskan AHY & Ridwan Kamil Tak Akan Mungkin Jadi Cawapres Ganjar

Ia mengaku terinspirasi dari Sungai Cheonggyecheon di Seoul yang selalu menarik perhatiannya setiap kali kunjungan ke Seoul. Emil memimpikan suatu saat Kota Bandung juga memiliki pemandangan yang sama seperti di Seoul. "Setiap kali saya ke sana jantung saya melambat karena rileks," ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan Pemerintah Kota Seoul, Jongho Shin mengatakan, pihaknya harus melakukan studi teknis tentang kondisi wilayah di Pasirluyu. Menurutnya, kondisi basis antara Kota Bandung dengan Seoul sangat jauh berbeda. Selain membahas tentang restorasi Sungai Cikapundung, pertemuan tersebut juga membicarakan tentang kerjasama budaya.

Saat ini, Korea Selatan telah menjalin kerja sama budaya dengan Institut Teknologi Bandung dengan pendirian K-Lounge melalui Korea Foundation for International Culture Exchange (KOFICE). Ridwan Kamil berencana pula mengadakan Korean Street di salah satu titik di Kota Bandung.

(rei)

Source:
Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio