Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Delapan Aturan Diet Sehat

27 September 2011 00:00 | 7109 hits
Dreamers.co.id – Tubuh ideal dan sehat adalah idaman semua orang. Namun, banyak orang  yang memiliki kebiasaan makan yang kurang sehat, sehingga dapat membuat tubuh kekurangan gizi atau pun jauh dari bentuk ideal. Dilansir dari Geniusbeauty, berikut ini beberapa aturannya :

1.Coba mengkombinasikan makanan dengan baik
Beberapa makanan tidak bisa dikombinasikan bersamaan dalam sekali waktu makan, misalnya, kita tidak mungkin makan anggur, kol dan susu dalam satu kali makan. Beberapa makanan jika dikombinasikan malah akan membuat kita semakin jauh dari tubuh sehat dan ideal, seperti makan sadwich, daging, dan kopi dengan krimer bersamaan.

2.Pilih minuman dengan benar
Sangat penting memilih apa yang akan kita minum. Misalnya minum the, kopi, jus  sebaiknya tidak bersamaan dengan makanan. Minuman-minuman semacam itu sebaiknya diminum setengah sampai satu jam sebelum makan atau  satu jam sampai satu setengah jam setelah makan.

3.Kunyah makanan dengan baik
Akan lebih mudah perut kita mencerna makanan yang sudah dikunyah dengan baik.  Lebih lagi, mereka yang makan perlahan-lahan lebih sedikit memiliki kecenderungan bertambah berat. Orang yang makan perlahan-lahan biasanya tidak memerlukan makan ekstra sehingga tidak aka menambah kalori yang masuk ke dalamk tubuh.

4.Gunakan piring kecil
Makan menggunakan piring kecil otomatis akan membuat kita tidak makan dengan porsi terlalu besar. Selain itu, secara psikologi, kita akan merasa bahwa makanan di piring kita sudah cukup banyak, sehingga mencegah kita makan terlalu banyak. Tidak hanya itu, dengan menggunakan piring kecil, kita harus bergerak jika kita ingin menambahkan makanan lain. Jika menggunakan piring besar, biasanya kita akan mengambil semua makanan sekaligus dan memakan habis semuanya.

5.Jangan mengalahkan stress dengan makanan
Biasanya orang yang sedang stress sulit memilih makanan yang sehat, sebaliknya mereka akan mencari makanan seperti coklat atau kue-kue dengan krim. Sebaiknya coba untuk tidak menemukan kesenangan hanya lewat makanan.

6.Jangan menonton TV sambil makan
Saat makan, sebaiknya kita berkonsentrasi pada makanan. Sabaiknya berhenti dari aktifitas seperti menonton TV, membaca atau pun berdiskusi selagi makan. Makan sambil melakukan kegiatan yang lain cenderung membuat kita makan melebihi yang dibutuhkan.

7.Pilih makanan penutup yang benar
Jika ingin memiliki tubuh yang langsing, sebaiknya menghindari makanan penutup. Akan tetapi, jika benar-benar ingin, sebaiknya konsumsi makanan penutup ditunda 1 sampai 1,5 jam setelah makanan utama, dan sebaiknya pilih buah-buahan untuk makanan penutup.

8.Kenali rasa kenyang Anda
Sayangnya, banyak orang memiliki pola makan yang salah, mereka terusn mengunyah semua makanan saat lapar maupun kenyang. Sebagian orang tidak makan apapun seharian. Seharusnya, kita meninggalkkan meja makan sebelum kenyang sekali.

Baca juga: akmu

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio