DREAMERS.ID - BLACKPINK sukses menggelar konser online perdana mereka yang bertajuk ‘THE SHOW’ pada 31 Januari lalu. Ditayangkan secara berbayar di channel YouTube resmi grup, konser ini berhasil menarik 280.000 penonton.
Pada 1 Februari, YG Entertainment secara resmi menyatakan, “Data utama kami menunjukkan bahwa sekitar 280.000 orang membeli membership di YouTube untuk mendapatkan akses ke THE SHOW.”
Agensi melanjutkan, "Kami tidak ingin menyoroti aspek kuantitatif acara tersebut, tetapi memutuskan untuk mengungkapkan jumlah penonton setelah menerima banyak permintaan. YG dan YouTube akan mengonfirmasi angka tersebut nanti."
Baca juga: Member BLACKPINK Bisa Dibayar Miliaran Rupiah untuk Sekali Posting di Instagram
Mengingat bahwa biaya membership-nya adalah 36.000 won hingga 48.000 won (sekitar 453 ribu – 604 ribu rupiah) tergantung pada keuntungannya, penjualan kotor dari pertunjukan berdurasi 90 menit tersebut diperkirakan telah mencapai lebih dari 10 miliar won (sekitar 126 miliar rupiah).YG menambahkan bahwa sekitar 2,7 juta orang baru berlangganan channel YouTube BLACKPINK setelah grup tersebut mengumumkan akan mengadakan konser online. Hingga Senin sore, jumlah pelanggan telah lebih dari 56 juta.
Tidak seperti banyak konser online K-pop lainnya, pertunjukan BLACKPINK tidak memanfaatkan banyak teknologi canggih seperti virtual reality (VR) untuk memikat penonton, tetapi hanya menekankan pada suara dan gerakan para member saja, seperti halnya dengan konser "offline".
(fzh)