Industri K-Pop saat ini sepertinya telah mengubah pasar yang mereka tuju. Awalnya, Jepang adalah negara utama yang dituju untuk mempromosikan musik K-Pop. Namun, kini K-Pop malah lebih populer di China dan negara-negara Asia Tenggara.
Akhir-akhir ini Jepang memang sangat sensitif dan tidak terlalu suka dengan kehadiran K-Pop di sana. Hanya ada beberapa grup idola K-Pop yang memang sudah lama terkenal di Jepang, seperti KARA dan TVXQ yang masih bisa diterima untuk berpromosi di Jepang. Hm, kira-kira kenapa ya?
Yap! Ternyata negara yang terkenal dengan sushi ini memang mencari sebuah grup yang punya karakter tertentu, mereka lebih mencari grup idola wanita K-Pop yang memiliki image lucu dan menggemaskan. Sedangkan, tren grup idola K-Pop di Korea saat ini adalah mereka yang punya image seksi dan trendi.
Baca juga: Streaming Lagu K-Pop Melonjak, Indonesia Masuk Top 3 Pendengar Global
Sedangkan di China dan negara-negara Asia Tenggara, seperti Singapura, Thailand, dan juga Indonesia, K-Pop lebih mudah masuk. Banyak warga penggila K-Pop di negara-negara tersebut yang langsung reaktif saat mendengar kabar terbaru dari bintang K-Pop idola mereka, dan bahkan tahu program-program televisi Korea yang menghadirkan idola mereka sebagai bintang tamu.Di Sisi lain, negara-negara ini juga menjadi sebuah keuntungan, karena isu-isu apapun yang berhubungan dengan K-Pop akan dengan mudah tersebar luas. Melihat hal ini, mulai banyak para grup idola K-Pop yang berencana untuk melewatkan Jepang dalam tur konser mereka dan akan lebih fokus ke China dan negara-negara Asia Tenggara.
Oleh karena itu, tidak heran jika banyak para idola K-Pop yang menggelar konser mereka di Indonesia. Apakah kalian salah satu yang mudah terpengaruh oleh ‘virus’ K-Pop ini, Dreamers?^^