Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Ternyata Naik Sepeda Motor Bisa Mengurangi Stress, Ini Bukti Ilmiahnya

25 Januari 2019 13:42 | 2405 hits

DREAMERS.ID - Sebagian orang menganggap berkendara menggunakan sepeda motor bisa menjadi aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran hingga menimbulkan stress saat perjalanan. Tapi ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar.

Melansir Rideapart melalui Liputan6, Harley Davidson yang bekerja sama dengan perusahaan Milwaukee serta Semel Institute for Neuroscience and Human Behavior UCLA melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang manfaat fisik berkendara.

Penelitian ini dilakukan kepada 50 pengendara. Semua pengendara terhubung dengan mobile electroencephalogram (EEG). Alat semacam shower cap ini ditutupi dengan elektroda yang bisa mendeteksi aktivitas otak.

Pemantauan aktivitas otak dengan teknologi EEG tadi dilakukan sebelum perjalanan, saat berkendara, dan saat beristirahat untuk melihat perbandingan efeknya terhadap otak.

Hasilnya, dengan 50 sampel pengendara, perjalanan dengan mengendarai sepeda motor bisa menurunkan stres partisipan sekitar 28 persen. Hanya saja detak jantung meningkat menjadi 11 persen dan tingkat adrenalin naik 27 persen dalam 20 menit berkendara. Tingkat fokus dan kewaspadaan partisipan juga ikut meningkat.

Kegiatan mengendarai sepeda motor patut dicoba untuk menghilangkan stress. Sebagai saran, pilih lah rute-rute perjalanan yang menyenangkan dan memiliki panorama indah. Saat berkendara jangan lupakan keselamatan seperti helm dan jaket serta surat-surat penting kendaraan.

(bef)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio