Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Semangka Ternyata Bukan Buah, Simak Fakta Unik Tentang Sayur dan Buah yang Belum Kamu Tahu
03 Januari 2019 10:07 | 1554 hits

DREAMERS.ID - Terkadang kita sering tak mempedulikan apakah buah dan sayur yang kita makan sehari-hari termasuk golongan yang sebenarnya taau tidak. Namun tak ada salahnya untuk mengetahui fakta menarik dari buah dan sayur yang ternyata tak pernah kita duga ini.

Fakta soal tomat masuk dalam kategori buah memang sudah umum diketahui. Tapi kalau soal alpukat yang masuk famili buah beri hingga semangka yang digolongkan dalam sayuran pasti belum banyak yang tahu. Berikut adalah beberapa fakta unik tentang buah dan sayur mengutip This Is Insider.

1. Alpukat
Penggemar alpukat wajib tahu kalau alpukat masuk ke dalam kategori buah beri. Hal itu terungkap lewat biji yang ada di dalam alpukat. Biji besar itu jadi pertanda kalau itu merupakan biji beri. Hanya saja ukurannya lebih besar. 

2. Tomat
Banyak yang meyakini kalau tomat masuk dalam kategori buah-buahan. Sebab tumbuhan yang memiliki biji memang dikategorikan sebagai buah. Tapi di wilayah New Jersey, Amerika Serikat, tomat diklasifikasikan ke dalam jenis sayuran. Sebab di tahun 1893, tomat masuk dalam peraturan tarif dagang sayuran di sana.

3. Buncis
Jika ditanya buncis masuk kategori sayur atau buah, pasti banyak yang menjawab sayuran karena sering dijadikan bahan pelengkap pembuatan ragam jenis sayur. Padahal, buncis mengandung biji dan masuk dalam kategori buah. "Buah-buahan merupakan sebuah struktur yang mengandung biji. Dan buncis pada dasarnya merupakan polong yang mengandung biji di dalamnya," jelas Toby Adams selaku direktur Edible Academy, New York Botanical Garden. 

4. Semangka
Manis, mengandung banyak air, dan terpenting memiliki biji di dalamnya menjadikan semangka masuk kategori buah. Tapi siapa sangka kalau di wilayah Oklahoma, semangka masuk dalam kategori sayuran.  Di sana, semangka, mentimun hingga labu masuk dalam rumpun Cucurbitaceae. Tak hanya itu, di sana semangka bahkan ditanam layaknya sayuran. 

5. Terong
Terong ternyata masuk dalam keluarga beri. Itu berkat biji mungil dalam terong yang aman dikonsumsi. Sama seperti buah beri lain yang bijinya aman dikonsumsi. Layaknya tomat dan kentang, terong masuk dalam keluarga nightshade.

6. Zaitun 
Minyaknya sering dijadikan sebagai bahan penyedap salad hingha pizza. Meski punya rasa yang gurih, zaitun masuk dalam kategori buah-buahan. Mereka tak hanya terbentuk dari ovarium bunga, tapi bagian bawahnya yang berlubang membuat mereka berbuah.

7. Jagung 
Jagung bisa masuk dalam kategori buah ataupun sayuran. Jagung masuk kategori sayuran jika dinikmati bersama tongkolnya. Bonggol jagung sendiri merupakan tempat menempelnya biji atau bulir jagung. Nah, bulir jagungnya sendiri bisa diklasifikasikan dalam kategori buah-buahan.

--

DREAMERS! Ayo update berita terbaru mulai dari News, Entertainment, dan Lifestyle sambil dengerin lagu-lagu K-Pop, Barat atau Indonesia paling hits dengan Download Mobile App DREAMERS.ID! Kini tersedia di iOS App Store dan GOOGLE Playstore lho

GRATIS!

Nah, Kamu juga bisa eksis di FORUM dan FAN-FICTION lho. 
Asik banget kan! 

Download sekarang juga ya!

(fzh)

SUBSCRIBES
'sayuran'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio