Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Bikin Cepat Kenyang, Makanan Ini Juga Bisa Tahan Lapar Lebih Lama
12 Desember 2018 13:00 | 3709 hits

DREAMERS.ID - Beberapa jenis makanan memang membuat kita cepat kenyang. Namun yang menjadi masalah adalah rasa lapar juga akan cepat kembali sehingga pada akhirnya membuat kita justru melahap lebih banyak makanan.

Ada jenis makanan yang membuat cepat kenyang dan menahan rasa lapar lebih lama dan ini baik dikonsumsi saat sedang mengontrol berat badan. Hal itu membuat kita tak akan kebablasan jika makan terlalu banyak. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat membuat cepat kenyang, mengutip CNN.

1. Serat dalam karbohidrat

Kandungan serat yang tinggi di dalam karbohidrat akan memberikan efek rasa kenyang yang lebih cepat ketimbang karbohidrat rendah serat. Kandungan serat itu juga memperlambat proses pencernaan sehingga membuat tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama mengolah makanan.

Hasilnya, selain lebih cepat kenyang, karbohidrat tinggi serat itu juga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks yang tinggi serat ini meliputi biji-bijian utuh, gandum, pasta, oatmeal, dan beras merah. 

2. Sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan juga kaya akan serat dan air yang membuat tubuh kenyang lebih cepat. Dokter dan ahli gizi bahkan menyarankan untuk memakan buah terlebih dahulu sebelum menyantap makanan berat agar kenyang lebih cepat. Buah dan sayuran yang membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat di antaranya apel, pir, buah berry, brokoli, kol, dan selada.

3. Protein tanpa lemak

Baca juga: Jenis Makanan yang Perlu Dihindari dan Tips Lainnya Agar Tak Bau Mulut Saat Puasa

Dikutip dari Every Day Health, penelitian menunjukkan bahwa protein membuat tubuh merasa kenyang dan menimbulkan rasa puas yang lebih besar dibanding jenis makanan lain. Jenis protein terbaik untuk menimbulkan rasa kenyang lebih cepat adalah protein hewani dan nabati yang tinggi kalori tapi rendah lemah. Kandungan ini bisa didapatkan dari ikan, daging putih, susu bebas lemak, putih telur, dan kacang-kacangan.

4. Lemak sehat

Lemak bukan berarti tak baik bagi tubuh. Konsumsi lemak sehat yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat dan hindari lemak jahat yang memicu kolesterol.  Lemak sehat seperti omega3 bisa didapatkan dari ikan salmon, sarden, dan tuna. Lemak sehat juga terdapat dalam alpukat, biji-bijian, dan minyak zaitun. 

--

DREAMERS! Ayo update berita terbaru mulai dari News, Entertainment, dan Lifestyle sambil dengerin lagu-lagu K-Pop, Barat atau Indonesia paling hits dengan Download Mobile App DREAMERS.ID! Kini tersedia di iOS App Store dan GOOGLE Playstore lho

GRATIS!

Nah, Kamu juga bisa eksis di FORUM dan FAN-FICTION lho. 
Asik banget kan! 

Download sekarang juga ya!

(fzh)

SUBSCRIBES
'info kesehatan'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio