Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Awas! Wi-Fi Hotel Juga Punya Celah Keamanan yang Sering Diabaikan
09 Maret 2018 11:18 | 2138 hits

DREAMERS.ID - Saat menginap di hotel, orang tentu akan memanfaatkan fasilitas yang disediakan, termasuk Wi-Fi yang sering jadi andalan. Namun pengguna juga harus menyadari kalau koneksi internet yang disediakan di hotel tak jarang kurang memerhatikan aspek keamanan.

"Wi-Fi hotel dirancang untuk akses yang mudah dan tanpa friksi," jelas SStephen Moody, Solutions Director, EMEA at ThreatMetrix, mengutip laporan CNN. Perangkat yang terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang tak aman dan tak terenkripsi membuka kemungkinan untuk terancam scam, peretasan, virus, dan serangan malware.

airy rooms

Utamanya untuk jaringan WiFi hotel yang tidak menggunakan WPA (Wi-Fi Protected Access). WPA ini biasanya ditandai dengan password yang harus dimasukkan ketika pengguna terhubung ke jaringan internet. WPA membuat koneksi internet pengguna terenkripsi sehingga lebih sulit diendus.

Tanpa enkripsi WPA, semua perangkat yang terhubung dengan Wi-Fi mengirimkan data tanpa perlindungan. "Setiap perangkat yang terhubung dengan Wi-Fi hotel (tanpa WPA) mengirimkan data dengan jelas, memungkinkan penyerang untuk mengidentifikasi dan mengekstrak informasi," terang Adam Tyler, Chief Innovation Officer of CSID.

David Emm, Principal Security Research di Kaspersky Lab menyebut bahwa terdapat grup peretas yang memang menargetkan pebisnis yang menginap di hotel-hotel mewah. Para peretas sengaja menanti orang-orang berpangkat level-C ini untuk masuk ke jaringan hotel sebelum menginfeksi malware ke laptop mereka.

Untuk mengantisipasi masalah ini, mengakses situs dengan SSL tidak cukup. Koneksi SSL ini ditandai dengan alamat situs yang dimulai dengan 'https://'. Untuk itu, Wilkinson menyarankan agar pengguna mengamankan koneksinya menggunakan layanan VPN.

Terdapat berbagai aplikasi VPN yang bisa digunakan untuk jaringan telepon dan laptop pengguna. Cara lain adalah menghindari akses Wi-Fi gratis. Alternatifnya adalah dengan menggunakan koneksi 4G di smartphone atau membagi koneksi dengan laptop lewat tethering.

----

Yeay Dreamers Festival is back! Perayaan tahunan dari Dreamers.id yang kamu tunggu-tunggu akan segera kembali hadir nih! Mengusung tema ‘Dreamers Festival 2018 – Fight For Life’, festival keren ini siap digelar di One Belpark Mall Fatmawati, Jakarta Selatan pada 24 dan 25 Maret mendatang.

Salah satunya adalah Coswalk Competition! Bagi kamu yang hobi meng-cosplay karakter favoritmu, saatnya untuk menunjukkan dan membuktikan bahwa kamu adalah cosplayer terbaik dan tangguh di kompetisi yang hanya ada di ‘Dreamers Festival 2018 – Fight For Life’ ini.

Coswalk Competioton ‘Dreamers Festival 2018 – Fight For Life’ berlangsung pada tanggal 24 Maret. Pastikan kamu sudah melakukan registrasi atau pendaftaran melalui Whatsapp 085213789873. Ingat, kompetisi ini GRATIS alias tidak dipungut biaya apapun! Jangan lupa juga registrasi kehadiran GRATIS di dremers.id/df2018 untuk mendapatkan DOORPRIZE menarik dan hadiah lainnya. 

--

DREAMERS! Ayo update berita terbaru mulai dari News, Entertainment, dan Lifestyle sambil dengerin lagu-lagu K-Pop, Barat atau Indonesia paling hits dengan Download Mobile App DREAMERS.ID! Kini tersedia di iOS App Store dan GOOGLE Playstore lho

GRATIS!

Nah, Kamu juga bisa eksis di FORUM dan FAN-FICTION lho. 
Asik banget kan! 

Download sekarang juga ya!

(fzh)

SUBSCRIBES
'wi-fi'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio