Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Kebiasaan Makan yang Perlu Dihindari untuk Hidup Lebih Sehat Tahun Ini
05 Januari 2018 15:00 | 2044 hits

DREAMERS.ID - Memasuki tahun yang baru, kita semua pasti pasti memiliki resolusi untuk menjadi lebih baik lagi. Tak hanya kehidupan secara umum, tapi juga kesehatan tubuh yang menjadi hal paling penting.

Untuk menjalani gaya hidup sehat di tahun yang baru ini, kita bisa memulainya dengan menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Di antaranya menghindari makanan yang tak baik untuk pencernaan atau merugikan organ tubuh lainnya. Berikut adalah beberapa diantaranya yang disarankan sejumlah ahli gizi.

1. Daging olahan

Ahli gizi dan CEO Psycle London Rhian Stephenson mengungkapkan daging olahan berkontribusi terhadap resistensi antibiotik dan juga dapat menimbulkan masalah hormon serta mengganggu insulin. Mengkonsumsi daging olahan juga bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, diabetes, dan pembengkakan.

Daging olahan mengandung bahan kimia karena dari pabrik telah disuntik dengan hormon, antibiotik, dan obat-obatan hewan lainnya. Senyawa nitrat yang ada didalam bahan kimia akan diubah oleh tubuh menjadi nitrosamin yang merupakan senyawa karsinogenik yang menyebabkan tingkat kanker lebih tinggi.

2. Gula tambahan

Jika banyak orang yang mengeluhkan rasa pusing, cemas, kebingungan, insomnia, kelelahan, kurang konsentrasi, kurang dorongan seks, sakit kepala, dan kram otot hal itu disebabkan oleh fluktasi gula darah yang disebabkan karna kadar gula darah yang tinggi atau rendah. Menyeimbangkan kadar gula darah menjadi hal yang penting karena dapat menurunkan stres.

Langkah kecil yang bisa dilakukan untuk mengurangi gula dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan gurih seperti saus spaghetti, mayones, salad, kacang panggang, dan sup. Langkah selanjutnya, adalah coba berhenti menambahkan gula ke dalam minuman panas dan makanan lainnya.

3. Garam berlebihan

Mengkonsumsi banyak garam bisa menaikkan tekanan darah yang meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Lily Soutter, ahli gizi dari London mengatakan: "Asupan garam yang disarankan maksimum enam gram perhari, namun rata-rata kita mengkonsumsi delapan gram per hari."

Baca juga: Kebiasaan Baik yang Perlu Dilakukan untuk Cegah Bau Mulut Saat Puasa

4. Minyak sayur

Minyak sayur sering disebut baik untuk kesehatan, tapi kenyataannya mereka berbahaya bagi kesehatan jangka panjang. Hal itu karena kandungan lemak tak jenuh dalam minyak sayur rapuh dan mudah rusak saat dipanaskan dengan suhu tinggi misalnya saat digunakan untuk menggoreng. Radikal bebas berbahaya yang diciptakan akan merusak tubuh saat dikonsumsi.

5. Diet kilat

Gabriella Peacock, ahli gizi mengungkapkan banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dalam waktu cepat sehingga melakukan crash diet atau diet mendadak. Diet ini akan mengurangi kalori pada tubuh, batasan kalori secara drastis dapat mengubah tubuh menjadi mode 'bertahan' yang membuat metabolisme tubuh menjadi lambat, semakin sulit menurunkan berat badan dan melepaskan neurotransmiter yang akan meningkatkan nafsu makan.

--

DREAMERS! Ayo update berita terbaru mulai dari News, Entertainment, dan Lifestyle sambil dengerin lagu-lagu K-Pop, Barat atau Indonesia paling hits dengan Download Mobile App DREAMERS.ID! Kini tersedia di iOS App Store dan GOOGLE Playstore lho

GRATIS!

Nah, Kamu juga bisa eksis di FORUM dan FAN-FICTION lho. 
Asik banget kan! 

Download sekarang juga ya!

(fzh/cnn)

SUBSCRIBES
'info kesehatan'
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio