Dreamland
>
Berita
>
Article

Seorang Ibu Lahirkan Bayi dengan Antibodi Covid-19, Bagaimana Kondisinya?

30 November 2020 13:50 | 475 hits

DREAMERS.ID - Seorang ibu bernama Celine Ng-Chan di Singapura, telah melahirkan seorang bayi yang memiliki antibodi terhadap virus corona. Sebelumnya, sang ibu pernah terinfeksi virus corona Covid-19 pada bulan Maret lalu saat dirinya sedang hamil.

Mengutip surat kabar Straits Times via Kompas, Minggu (29/11/2020), bayi itu lahir pada bulan ini tanpa membawa virus Covid-19, tetapi sebaliknya malah memiliki antibodi virus tersebut. “Dokter saya curiga saya telah mentransfer antibodi Covid-19 saya kepadanya selama kehamilan saya," kata Celine Ng-Chan.

Dikutip Kompas dari VOA Indonesia, Ng-Chan mengalami gejala ringan karena virus corona dan keluar dari rumah sakit setelah dua setengah minggu. Ng-Chan dan National University Hospital (NUH), tempat dia melahirkan, tidak segera memberikan komentar.

WHO juga mengatakan, belum diketahui apakah seorang ibu hamil dengan Covid-19 dapat menularkan virus ke janin atau bayinya selama kehamilan atau persalinan. Sampai saat ini, virus aktif belum ditemukan pada sampel cairan di sekitar bayi dalam kandungan atau di ASI.

Dokter di China, juga melaporkan bahwa adanya transfer antibodi Covid-19 pada waktu ke waktu pada bayi, yang lahir dari ibu yang terjangkit virus corona Covid-19, menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada bulan Oktober di jurnal Emerging Infectious Diseases.

Dokter dari New York-Presbyterian/Columbia University Irving Medical Center melaporkan pada bulan Oktober di JAMA Pediatrics, bahwa penularan virus corona baru dari ibu ke bayi baru lahir jarang terjadi.

(kiki)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio