Dreamland
>
Berita
>
Article
Seperti China Sewakan Panda, Kemenkeu Sarankan Untuk Sewakan Komodo Untuk Isi Kas Negara?
08 November 2019 18:30 | 5858 hits

DREAMERS.ID - Pemasukan negara mayoritas didapatkan dari wisatawan yang datang untuk berlibur ke Indonesia. Selain itu juga negara dapat menambah pemasukan dari program ekspor barang komoditi.

Untuk menambah pemasukan, Kurniawan Nizar Direkur Penilaian Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DKJN) mengatakan bahwa harus ada cara yang lebih inovatif. Ia mengatakan Indonesia bisa saja untuk menyewakan komodo dengan alasan hewan endemik. Cara ini pernah dilakukan China ketika menyewakan panda.

"Ada inovasi-inovasi yang sangat bagus istilahnya kalau nggak salah rent capture terutama untuk satwa seperti teman-teman tahu panda, itu di China rupanya disewakan bisa US$ 1 juta karena panda hanya lahir di China kalau disewakan negara harus bayar, kalau mati harus denda," kata Kurniawan.

Selain itu, DJKN juga mendukung pengelolaan sumber daya alam dalam rangka mengoptimalkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Langkah tersebut dilakukan dengan melalui penyajian dan pengungkapan SDA yang tertuang dalam PP 46 Tahun 2017 mengenai Instrumen Ekonomi Lingkungan Hidup.

"Berapa kekayaan kita dari sisi SDA, kita harus buat neraca SDA. Sesuai PP 46 ini dinisiasi oleh BPS di mana mengkompilasi bahan kementerian sektoral seperti ESDM, Kehutanan, mekanismenya di lead BPS dibuat neracanya. Kemenkeu standing potition me-monetize dari sisi membuat rupiah," tambahnya.

Secara garis besar, DKJN menyarankan agar negara dapat mengoptimalkan pemasukan tanpa hanya bergantung dari satu sektor pemasukan.

--

DREAMERS! Ayo update berita terbaru mulai dari News, Entertainment, dan Lifestyle sambil dengerin lagu-lagu K-Pop, Barat atau Indonesia paling hits dengan Download Mobile App DREAMERS.ID! Kini tersedia di iOS App Store dan GOOGLE Playstore lho

GRATIS!

Nah, Kamu juga bisa eksis di FORUM dan FAN-FICTION lho. 
Asik banget kan! 

Download sekarang juga ya!

(mnc)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio