Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Berita
>
Article

Sampai Ada Himbauan Pertamina, Ternyata Menggoyangkan Kendaraan Saat Isi Bensin Berbahaya

31 Juli 2019 10:27 | 616 hits

DREAMERS.ID - Sering melihat orang menggoyang-goyangkan mobil ketika mengisi bahan bakar atau bensin? Dari cerita zaman dulu, perilaku tersebut bertujuan untuk memaksimalkan pengisian bahan bakar ke dalam tangki bensin.

Atau sering disebut ‘tidak mau rugi’ agar bahan bakar yang masuk mengisi seluruh permukaan tangka, digoyanglah agar bensin semakin turun. Namun ternyata Pertamina justru menghimbau untuk tidak menggoyangkan kendaraan karena berakibat bahaya.

Dari sebuah foto yang diunggah netizen bernama Sick Ijok Majoli di grup pecinta mobil tua Motuba di Facebook, Pertamina menghimbau tidak lagi menggoyangkan mobil saat pengisian bahan bakar karena bisa menyebabkan kebakaran.

"Masih suka nemu mobil atau motor goyang di SPBU nggak mbah? Saya nemuin postingan temen di NTT, di kota-kota besar saya masih sering lihat beberapa mobil goyang terutama taxi bermesin diesel," kata Sick Ijok Majoli.


Image source: Suara

Baca juga: Terungkap Alasan Kenapa Harga BBM di Indonesia ‘Mahal’

"STOP, Kebiasaan menggoyang mobil dan motor saat isi bensin, bisa menimbulkan kebakaran," tulis himbauan di banner tersebut. "Kebakaran bisa terjadi karena ujung nozzle bensin bertemu dengan ujung tangki. Saat kedua titik beda muatan bertemu, maka terjadi gesekan listrik statis, maka memungkinkan adanya loncatan percikan api,"

Himbauan tersebut pun diakhiri dengan tulisan pengingat jika Bahan Bakar Minyak atau BBM adalah benda cair.  "BBM itu benda cair, tanpa digoyangkan pun, bisa masuk sampai ke celah tangki."

Via laman Suara, diketahui lokasi banner berisi himbauan dari Pertamina itu berada di SPBU De Jongste Oil Tanah Merah, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio