Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Berita
>
Article

3 Dokumen Ini Bongkar Rahasia Tokoh Penting, Sukses Hebohkan Dunia

05 Oktober 2021 18:00 | 824 hits

DREAMERS.ID - Baru-baru ini, dunia dibuat gempar karena dokumen Pandora Papers yang merilis rahasia keuangan tokoh dan pemimpin dunia. Sebelum Pandora Papers, ada pula sejumlah bocoran dokumen hasil investitas yang pernah mengemparkan dunia.

Mulai dari Wikileaks yang membuka data rahasia Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA), hingga Panama yang kerap membuka praktik para orang kaya di dunia untuk menghindari pajak. Berikut ini daftar dokumen yang menggemparkan dunia, dilansir CNN Indonesia.

1. Wikileaks

Wikileaks pernah membocorkan informasi kontroversial milik CIA terkait alat peretas yang dikenal dengan Vault 7. Dokumen pertamanya dinamai Year Zero yang terdiri dari 8.761 file yang disimpan di Pusat Intelijen Siber CIA di Langley, Virgina.

Kabarnya, Vault 7 mengungkapkan alat peretasan rahasia yang digunakan CIA untuk membobol telepon, aplikasi komunikasi, dan perangkat elektronik lainnya, dilansir ABC News.

Publikasi dokumen Vault 7 sendiri disebut CIA sebagai kebocoran data terburuk dalam sejarah hingga memicu amarah Direktur CIA kala itu, Mike Pompeo, dan pejabat AS lainnya. Bahkan, pendiri Wikileaks, Julian Assange, sempat dipertimbangkan untuk diculik dan dibunuh oleh CIA.

2. Panama Papers

Mengutip dari The Guardian, Panama Papers adalah kumpulan data yang membocorkan 11,5 juta file dari database firma hukum Offshore terbesar keempat di dunia, Mossack Fonseca.

Catatan tersebut diperoleh dari sumber anonim oleh surat kabar Jerman Süddeutsche Zeitung, yang kemudian dibaginya bersama International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ). ICIJ kemudian membagikannya dengan beberapa media internasional, termasuk Guardian dan BBC.

Dokumen-dokumen tersebut menunjukkan berbagai cara di mana orang kaya dapat mengeksploitasi rezim pajak luar negeri yang rahasia. Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki rekam jejak keuangan sebesar US$2 Miliar (sekitar Rp 28 triliun).

3. Pandora Papers

Secara umum, Pandora Papers mirip dengan Panama Papers. Pandora merangkum 2,95 terabite data mengenai bisnis rahasia para elite dunia dari 200 negara di situs resmi ICIJ. Penyelidik ini bersumber dari bocoran data rahasia 14 perusahan layanan keuangan di surga pajak.

Sejumlah tokoh dunia masuk dalam Pandora Papers termasuk pejabat dari Indonesia yakni Luhut Binsar Pandjaitan dan Airlangga Hartarto.

(rzlth)

Komentar
RECENT ARTICLE
16 Oktober 2021 11:00
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio