DREAMERS.ID - Seiring dengan semakin digemarinya K-pop di seluruh dunia, pasar platform yang memanfaatkan fandom berbagai penyanyi juga semakin berkembang.
Sementara Weverse, platform penggemar yang dioperasikan oleh HYBE, berjalan dengan baik di dalam negeri maupun internasional, Kakao Entertainment memberikan tantangan baru dengan platform penggemar baru 'Berryz'.
Menurut industri musik pada 31 Januari, Kakao Entertainment tengah melakukan pengujian internal terhadap platform penggemar baru 'Berryz' dengan tujuan untuk meluncurkannya dalam tahun ini.
Seorang perwakilan dari Kakao Entertainment mengatakan, "Memang benar bahwa kami tengah mempersiapkan platform penggemar," dan menambahkan "Belum ada yang diputuskan terkait konten dan jadwal spesifik platform tersebut."
Industri musik memperhatikan fakta bahwa selain label K-pop seperti SM, Starship, EDAM, Antenna, dan IST, Kakao Entertainment juga memiliki berbagai agensi aktor, perusahaan produksi drama, dan perusahaan produksi film.
Dilaporkan bahwa 'Berryz' bertujuan untuk memanfaatkan kekuatan Kakao Entertainment dan menciptakan platform penggemar yang mencakup berbagai macam 'K-culture' seperti drama, film, dan webtoon di luar K-pop. Dengan kata lain, ini berarti menyediakan tempat bagi penggemar untuk menikmati dan berbagi konten itu sendiri, di luar 'selebriti' seperti penyanyi dan aktor.
Anak perusahaan SM, DearU, sudah mengoperasikan aplikasi komunikasi penggemar 'Bubble', tetapi industri melihat bahwa karena Bubble menekankan komunikasi satu lawan satu, itu tidak akan bertentangan dengan 'Berryz'.
Belum diputuskan penyanyi mana dari label K-pop Kakao Entertainment yang akan tersedia di 'Berryz'. Seorang pejabat Kakao Entertainment mengatakan, "'Berryz' sedang dipersiapkan dalam bentuk yang berbeda dari Bubble, dan sedang dipersiapkan dengan struktur yang akan menciptakan sinergi."
(fzh)