DREAMERS.ID - IBK Investment & Securities pada 4 Januari merilis analisis yang memperkirakan "core fandom" atau fandom inti untuk setiap perusahaan dan selebriti. Di antara beberapa agensi raksasa, siapa kah yang artisnya memiliki fandom paling loyal?
"Core fandom" adalah unit penggemar K-pop yang sangat setia yang secara langsung berkontribusi pada penjualan perusahaan. Jika kesadaran publik terhadap artis tertentu tinggi, itu akan membantu mereka menaikkan biaya iklan dan penampilan, tetapi sulit untuk berkontribusi secara signifikan terhadap penjualan agensi.
Untuk menjadi bagian dari fandom inti, para penggemar ini bertanggung jawab atas album, penampilan atau pertunjukan, barang, dan konten, yang merupakan sumber pendapatan utama bagi agensi hiburan.
Analisis dilakukan menggunakan data yang disusun ulang berdasarkan statistik penjualan album dari Januari 2011 hingga September 2022. Mereka yang dianggap sebagai penggemar inti membeli rata-rata setidaknya 7 hingga 11 kopi (per orang) setiap kali album yang baru dirilis.
Biasanya, para penggemar ini membeli beberapa album untuk mendapatkan photocard langka atau untuk meningkatkan kesempatan mereka terpilih dalam sebuah acara.
Setelah munculnya sumber musik digital, budaya membeli CD hampir mati ketika dihidupkan kembali berkat acara jumpa fans, fan call, dan fanmeeting. Akibatnya, fandom inti kumulatif dari empat perusahaan hiburan (HYBE, SM, JYP, dan YG) diperkirakan mencapai 3,5 juta.
Menurut IBK, pentingnya memahami ukuran perusahaan hiburan adalah karena sebagian besar penjualan mereka dihasilkan oleh fandom inti, bukan publik.
Di antara 3,5 juta penggemar inti, HYBE memiliki jumlah terbesar dengan 1,6 juta, diikuti oleh SM dengan 760.000, JYP dengan 640.000, dan YG dengan 420.000. Berikut adalah rincian untuk setiap artisnya:
Baca juga: Taemin SHINee Umumkan Nama Fandom Resmi TAEMate
HYBE1. BTS – ARMY (700 ribu)
2. SEVENTEEN – CARAT (320 ribu)
3. TXT – MOA (250 ribu)
4. ENHYPEN – ENGENE (160 ribu)
5. NewJeans – Bunnies (90 ribu)
6. LE SSERAFIM – FEARNOT (85 ribu)
SM Entertainment
1. NCT – NCTzen (346 ribu)
2. aespa – MY (170 ribu)
3. EXO – EXO-L (130 ribu)
4. Red Velvet – ReVeluv (113 ribu)
JYP Entertainment
1. Stray Kids – STAY (320 ribu)
2. ITZY – MIDZY (130 ribu)
3. TWICE – ONCE (116 ribu)
4. NMIXX – NSWER (54 ribu)
YG Entertainment
1. BLACKPINK – BLINK (280 ribu)
2. TREASURE – Treasure Maker (110 ribu)
3. WINNER – Inner Circle (19 ribu)
4. iKON – iKONIC (10 ribu)
Secara umum, Label HYBE dan BTS memiliki "penggemar nyata dan setia" paling banyak di antara agensi. Hanya ketika semua fandom inti SM, JYP, dan YG Entertainment digabungkan, mereka dapat melampaui HYBE.
(fzh)