Dreamland
>
Berita
>
Article

Mandi Keramas di Siang Hari Apakah Batalkan Puasa? Ini Penjelasannya

06 Mei 2021 21:00 | 524 hits

DREAMERS.ID - Selama bulan Ramadhan umat Muslin diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa dengan menahan rasa lapar, haus, hingga nafsu. Pada siang hari, umat Muslim yang berpuasa biasanya mengalami cobaan, dan merasakan haus terlebih jika cuaca sedang panas.

Dikarenakan tidak diperbolehkan makan dan minum, untuk mengurangi rasa panas tersebut, biasanya mereka memutuskan untuk mandi sekaligus keramas agar terasa lebih segar.

Lalu, apakah mandi di siang haru diperbolehkan ketika menjalani puasa? Jawabannya adala boleh, asalkan tetap berhati-hati agar tidak ada air yang tertelan saat membasuh tubuh.

Baca juga: Shin Tae Yong Berencana Diskusi dengan Pemimpin Agama Berharap Pemain Tidak Berpuasa Jelang Laga

Namun, meskipun diperbolehkan mandi terlalu sering juga tidak dianjurkan. Selain karena dikhawatirkan air yang digunakan untuk mandi tertelan, mandi terlalu sering hukumnya makruh.

“Sebagian ulama menganjurkan demikian (terlalu sering mandi saat puasa hukumnya makruh), sebaiknya tidak sering mandi agar puasa terasa ada sesuatu yang berat baginya, sebagai bentuk ibadah,” kata Kiai Ahmad Fahrur dikutip dari IDN Times.

Ia melanjutkan, “Namun dianjurkan tidak sering mandi agar berpuasa terasa betul bagi dia berat dan panas dahaganya,” lanjutnya.

(Rie127)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio