DREAMERS.ID - Data terbaru dari pemerintah Korea menunjukkan siapa saja bintang Hallyu yang paling dicintai di seluruh dunia. Dalam laporan baru-baru ini, disebutkan pula jenis konten seperti apa yang dinikmati orang-orang.
Pada 28 Januari, Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan serta Yayasan Korea untuk Pertukaran Budaya Internasional merilis Survei Hallyu (Gelombang Korea) Luar Negeri 2021 mereka.
Responden termasuk 8.500 konsumen konten budaya Korea dari 18 negara, seperti Amerika Serikat, China, Jepang, dan lainnya. Mereka diberi pertanyaan tentang budaya Korea termasuk acara televisi, film, musik, dan topik lainnya, dan survei dilakukan secara online dari 24 September hingga 4 November 2020.
Ketika diminta untuk menyebutkan penyanyi Korea favorit, 22 persen responden memilih BTS — naik 6,8 persen poin untuk grup tersebut sejak tahun sebelumnya sebesar 15,2 persen. BLACKPINK berada di urutan kedua (dipilih oleh 13,5 persen responden), PSY di urutan ketiga (2,9 persen), TWICE keempat (2,4 persen), dan EXO kelima (2,1 persen).
Baca juga: BTS Dikabarkan Rilis Album Paruh Kedua Tahun 2025 dan Mulai Tur di 2026
Lee Min Ho menduduki puncak daftar aktor Korea favorit, dipilih oleh 9,6 persen responden. Hyun Bin berada di urutan kedua (3,5 persen), Gong Yoo ketiga (2,3 persen), Song Hye Kyo keempat (2,1 persen), dan Lee Jong Suk kelima (2 persen).Di antara film Korea favorit responden, "Parasite" berada di peringkat 1 dengan 18,4 persen, diikuti oleh "Train to Busan" di posisi kedua dengan 10,2 persen. “Peninsula” menempati posisi ketiga dengan 3,5 persen, “#ALIVE” menempati posisi keempat dengan 2,1 persen, dan “Time to Hunt” berada di posisi kelima dengan 1,6 persen.
"Crash Landing on You" menjadi drama Korea favorit dengan skor 9,5 persen. Disusul oleh “It’s Okay to Not Be Okay” dengan 4,1 persen, “The World of the Married” dan “Itaewon Class” dengan 2,8 persen, dan “Kingdom” dengan 2,5 persen.
Drama merupakan konten Korea terpopuler, dengan 29,7 persen responden menjawab bahwa mereka menonton drama Korea. Produk kecantikan dan video menjadi yang populer berikutnya (27,5 persen), diikuti oleh variety show (26,9 persen) dan fashion (24,8 persen). Banyak orang menyatakan bahwa mereka mengonsumsi lebih banyak variety show, drama, dan game Korea dibandingkan sebelum pandemi COVID-19.
(fzh)