Dreamland
>
Berita
>
Article

Kini Jumlahnya Jutaan, Ternyata Ini Sosok PNS Pertama di Indonesia!

17 Desember 2019 14:00 | 821 hits

DREAMERS.ID - Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) mungkin merupakan impian banyak masyarakat Indonesia. Terhitung tahun ini sebanyak 5 juta orang mendaftar sebagai calon PNS.

Dari banyaknya masyarakat yang sudah menjadi PNS, ternyata sosok PNS pertama dipegang oleh Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Hal ini juga sudah dikonfirmasi langsun goleh Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta.

"Iya benar PNS pertama. Ini fotocopy kartu PNS Beliau (Sri Sultan HB IX)," kata KRT Jatiningrat, melansir Kompas.

Baca juga: Kronologi PNS Termuda Korea Ditemukan Tewas Diduga Korban Bully

Menurut KRT Jatiningrat, dirinya tidak mengetahui kebenaran Sri Sultan HB IX adalah seorang PNS pertama sebelum melihat Salinan kartu PNS. Bahkan dirinya baru mengetahui keberadaan Salinan kartu pegawai tersebut setelah Sri Sultan HB IX wafat.

"Waktu itu Beliau wafat, saya masih menjadi kepala Biro Umum. Sehingga masalah-masalah yang berkaitan dengan pensiun janda itu kan mengumpulkan data-data, masuklah NIP (salinan kartu pegawai) ini (milik Sri Sultan HB IX)," tambahnya.

Kartu PNS yang diterbitkan oleh Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) tersebut menuliskan bahwa Sri Sultan HB IX menjadi PNS sejak tahun 1940 degan NIP 010000001.

(mnc)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio