Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Sering Disarankan Pemakaiannya, Benarkah Kondom Tidak 100 Persen Bisa Cegah HIV?

13 Desember 2019 18:00 | 1142 hits

DREAMERS.ID -  Bertambahnya penularan infeksi HIV (human immunodeficiency virus) membuat kampanye pencegahan semakin gencar dilakukan. Salah satu faktor penularan HIV terbesar ditemukan dalam hubungan seksual.

Hingga saat ini masyarakat percaya bahwa kondom ampuh dalam mencegah penyebaran virus HIV. Tetapi pernyataan mengejutkan datang dari Dr dr Alvina Widhani, SpPD, KAI, selaku ketua tim HIV terpadu Rumah Sakit Universitas Indonesia. Ia mengatakan bahwa kondom tidak dapat melindungi pengguna 100 persen dalam penyebaran virus HIV.

"Jadi, kita harus memberikan pemahaman kepada masyarakat, meningkatkan pengetahuan tentang bagaimana penularan HIV ini dan dia bisa melalui apa saja, melalui hubungan seksual, melalui darah, dan melalui ibu pada bayi yang dikandungnya, itu juga penting. Jadi, meningkatkan pengetahuan," kata dr Alvina.

Baca juga: Menurut Studi, Kekebalan Tubuh Tertentu Dapat Melawan HIV

Masyarakat Indonesia juga masih tegolong tabu dalam membahas penggunaan kondom sebagai pencegahan penularan HIV. Agar masyarakat tetap teredukasi, diperlukan metode lain mengenai infeksi virus ini.

"Jadi, tidak semata-mata dengan mengkampanyekan kondom gitu, jadi itu enggak cukup karena itu tidak bisa melindungi 100 persen, tapi itu juga perlu memberikan pemahaman, gimana saja sih cara penularan gitu, dan faktor risiko apa saja yang bisa menyebabkan seseorang itu bisa terkena HIV," tambahnya.

(mnc)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio