Dreamland
>
Artis
>
Article

Capai Ratusan Triliun, Dampak Ekonomi BTS Terhadap Korea Melebihi Olimpiade PyeongChang

19 Desember 2018 12:03 | 1357 hits

DREAMERS.ID - Para ahli telah memprediksi bahwa saat BTS menyentuh usia 10 tahun, mereka akan membuat dampak terhadap perekonomian Korea Selatan yang luar biasa. Bahkan melampaui Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018.

Pada 18 Desember, Hyundai Researh Institute (HRI) merilis laporan yang menyatakan bahwa dalam periode 2014 hingga 2023, dampak ekonomi BTS akan mencapai total sekitar 56,2 triliun won (sekitar 724,5 triliun rupiah). Ini adalah angka gabungan dari efek dorongan produksi (41,9 triliun won) dan efek penciptaan nilai tambah (14,3 triliun won).

Sebagai perbandingan, Olimpiade Musim Dingin PyeongChang tahun ini, menurut Korea Development Institute, mencapai dampak ekonomi toral 41,6 triliun won (sekitar 531,4 triliun rupiah).

Baca juga: Pop-up Store BTS 'MONOCHROME' Akan Hadir di Jakarta pada Mei-Juni

HRI menggunakan berbagai metrik untuk mengukur dan menganalisa dampak ekonomi BTS, termasuk tren Google, analisa regresi, analisa interindustri, dan banyak lagi. Menurut temuan mereka, peningkatan popularitas BTS menyebabkan peningkatan besar dalam pariwisata ke Korea serta ekspor barang-barang konsumsi.

Menurut laporan tersebut, BTS saat ini menghasilkan tahunan rata-rata sebanyak 796.000 turis, sekitar 7,6 persen dari jumlah total di tahun 2017 sebesar 10,4 juta. Sementara untuk kontribusi ekspor barang-barang adalah sekitar 15,8 miliar rupiah, 1,7 persen dari total ekspor konsumen tahun lalu sebesar 937,5 miliar rupiah.

Dalam laporan HRI menyatakan bahwa industri yang melihat efek terbesar adalah pakaian, kosmetik, dan makanan yang didukung oleh endorsment resmi BTS serta keaktifan media sosial mereka.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio