DREAMERS.ID - Kesuksesan BTS di industri musik K-Pop hingga internasional memang menjadi fenomena. Banyak yang berusaha menganalisa formula kesuksesan BTS dan beberapa media menyebut bahwa penggunaan media sosial yang cerdas dengan konten yang dikembangkan sendiri mungkin menjadi kunci kesukesan mereka.
Dalam konferensi pers pada 26 Agustus lalu untuk perilisan album baru dan tur dunia, BTS ditanya tentang analisa mereka sendiri tentang kesuksesan. Grup asuhan Big Hit Entertainment ini pun mengatakan bahwa itu adalah karena musik dan pesan mereka.
Suga mengungkapkan, “Saat kami debut, kami mulai dengan kisah tentang sekolah dan anak muda. Kami telah menceritakan kisah tentang menjadi manusia sejak awal, dan itu adalah sesuatu yang kami rencanakan sebelum kami mulai debut. Kami berpikir bahwa pandangan dunia kami juga telah diperluas sedikit demi sedikit. Aku rasa dalam mengalisa popularitas BTS, salah jika dikatakan bahwa itu hanya karena media sosial.”
Sang rapper melanjutkan, “Tentu saja karena fans kami, kami juga menerima begitu banyak cinta. Tapi aku pikir orang mulai memperhatikan kami karena kami fokus pada musik dan pesan yang kami anggap penting. mereka mendengarkan pikiran kami dan lebih tertarik pada apa yang kami katakan. Orang-orang tidak mencari kami hanya karena media sosial.”
RM juga sepakat dengan yang diucapkan Suga, kemudian menambahkan, “Aku akan mengatakan bahwa ‘I Need You’ adalah titik awal kami. Sebelum ‘I Need You’, tidak banyak orang yang tahu siapa kami, tapi jelas bahwa setelah itu, seri ‘HYYH’ menemui kesuksesan.”
“Kami pikir ini adalah tentang konsistensi. Bahkan fans baru mencari tahu album lama kami. Saat ‘No More Dream’ keluar, cerita yang paling bisa kami sampaikan saat itu adalah tentang sekolah. Ketita para member memasuki usia 20-an, ‘youth’ menjadi titik awal dan seterusnya menjadi katalis,” papar sang leader.
(fzh)