Dreamland
>
Berita
>
Article

Setengah Abad Hilang, Patung Budha dari India Ini Akhirnya Ditemukan di Negara Tak Terduga

16 Agustus 2018 10:55 | 18996 hits

DREAMERS.ID - Sebuah patung Buddha berbahan perunggu yang telah dibuat sejak abad ke-12 hilang dicuri dari sebuah museum di India. Setelah setengah abad, patung itu mendadak ditemukan di negara yang cukup jauh dari asalnya.

Ditemukan di Inggris setelah 57 tahun, kepolisian mengatakan pada Rabu (15/8), patung itu kini dikembalikan ke India. Patung itu bukan satu-satunya yang dicuri pada 57 tahun lalu. Selain patung Buddha, ada 13 barang lain yang dicuri dari museum Archaeological Survey of India di Nalanda.

Bulan Maret lalu, patung itu ditemukan di sebuah bursa dagang di Inggris. Kepolisian Metropolitan London unit Seni dan Barang Antik segera melakukan investigasi.

Baca juga: Bicara ‘Ngawur’ Preskon Joe Biden Sampai Dihentikan Staf

Pemilik dan penjual patung itu langsung dihubungi. Mereka mengaku tidak tahu-menahu soal asal-usul patung. Mereka diputuskan tidak salah dan setuju mengembalikan patung itu ke India.

Rabu (15/8), patung itu pun diserahkan kepada Komisi Tinggi India di London dalam sebuah upacara khusus. Menurut detektif Sophie Hayes yang menangani kasus itu, pihaknya mendapati patung curian setelah mendapat informasi dari sumber rahasia. Padahal sudah bertahun-tahun kepolisian mencoba menemukannya.

"Ini menggaris bawahi bagaimana pihak berwajib dan pasar seni London saling bekerja sama untuk membawa diplomasi budaya yang positif kepada dunia," kata Menteri Seni Michael Ellis dalam sebuah pernyataan resmi yang dikutip oleh AFP.

(nou/Image: News CGTN)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio