Dreamland
>
Musik
>
Article

Fans Idola K-Pop? Simak Aturan Baru Gaon Chart Terkait Sistem Penghargaan Album Hingga Streaming!

20 April 2018 16:14 | 1564 hits

DREAMERS.ID - Gaon Chart menjadi salah satu portal musik terbesar yang ada di Korea Selatan, dan juga menjadi penilaian bergengsi bagi pencapaian para idola K-Pop. Pada Jumat (20/04), Gaon Chart baru saja mengumumkan adanya perubahan sistem sertifikasi atau penghargaan.

Dilansir dari laman Naver, Korea Music Content Industry Association (KMCIA) mengumumkan bahwa Gaon Chart akan menerapkan sistem sertifikasi baru pada sebuah album/lagu berdasarkan penjualan album/lagu, unduhan atau download, dan streaming.

Album akan diberikan sertifikasi ‘Platinum’ saat penjualan mencapai 250 ribu kopi dan ‘Million’ saat album terjual satu juta kopi. Sertifikasi ‘Platinum’ untuk download diberikan kepada lagu yang sudah diunduh sebanyak 2,5 juta kali, dan ‘Million’ juga total unduhan mencapai 10 juta.


Image source: Soompi

Sementara untuk ranah streaming, sertifikasi ‘Platinum’ diberikan kepada karya yang sudah didengarkan secara online sebanyak 100 juta, sementara ‘Million’ untuk yang sudah didengarkan sebanyak satu miliar kali. Aturan baru ini berlaku untuk seluruh album dan lagu yang dirilis setelah 1 Januari 2018.

Baca juga: Gaon Chart Ganti Nama Menjadi 'Circle Chart', Ubah Sistem Lebih Global

Sekretaris Umum dari Korea Music Content Industry Association menjelaskan banyak banyak negara termasuk Amerika, Inggris, dan Jepang sudah menerapkan sertifikasi seperti ini. Namun di Korea belum dan banyak pertanyaan serta permintaan dari Gaon Chart untuk penghargaan seperti ini.

“Kami putuskan untuk menerapkan sertifikasi berdasarkan data Gaon Chart karena sistem seperti itu dibutuhkan untuk negara dengan konsumsi musik yang aktif,” tandasnya.

Siap dukung idola K-Pop kesayangan kamu dengan aturan baru Gaon Chart ini, Dreamers?

(mth)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio