Dreamland
>
Berita
>
Article

Inikah Lima Sinyal Dukungan SBY dan Demokrat Kepada Jokowi Agar AHY Dipasangkan Jadi Cawapres?

12 Maret 2018 10:09 | 2380 hits

DREAMERS.IDEuforia pemilihan umum sudah kental terasa dengan banyaknya silaturahim politik antar elit politik dengan presiden. Salah satunya yang jadi perhatian adalah kunjungan Presiden Jokowi ke Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat di Sentul International Convention center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3) lalu.

Pidato sambutan Jokowi yang disampaikan dengan cair dan penuh guyonan juga direspon oleh Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang juga adalah Mantan Presiden Republik Indonesia. Dalam pidatonya, SBY disinyalir berulang kali memberi dukungan terhadap Jokowi.

Yang pertama, melansir Suara, SBY menekankan jika suksesnya Pemilu adalah tanggung jawab moral dan politik Presiden Jokowi. Karena itu Demokrat akan membantu Jokowi menyukseskan Pemilu yang adil dan jujur.

Kedua, SBY menyatakan Jokowi adalah pemimpin bangsa. Sehingga dalam etika yang dipahami Partai Demokrat, wajib hukumnya bagi Demokrat memberi penghormatan tinggi bagi Jokowi Ketiga, SBY memahami Pemerintahan Jokowi tengah berjuang mengatasi tekanan ekonomi global dan regional yang dapat berdampak pula pada ekonomi nasional.

SBY pun mendoakan sekaligus meyakini Pemerintahan Presiden Jokowi dapat sukses menjawab tantangan yang ada dan mengakhiri masa bakti lima tahun periode pertama dengan gemilang.  Keempat, SBY menyatakan harapan dan doanya agar Jokowi sukses pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019 sesuai harapan dan keinginan Jokowi.


Image source: Merdeka

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

Kelima, yang paling lugas dan benderang, SBY menyatakan Demokrat bisa mendukung Jokowi jika takdir Tuhan sudah memutuskan. Namun khusus untuk yang terakhir, SBY menegaskan jika kebersamaan Demokrat dengan Jokoi hanya mungkin tercipta jika dilandasi dengan rasa saling percaya dan saling menghargai.

Pengamat politik dari "The Indonesian Institute" Fadel Basrianto mengatakan saat ini Jokowi merupakan tokoh yang memiliki tingkat elektabilitas tertiggi dibandingkan kandidat lain yang pernah disebut dalam sejumlah survei selama ini.

Pidato SBY tersebut, disebut sebagai sinyal politik dan bentuk strategi untuk emmanfaatkan momentum tingginya elektabilitas Jokowi untuk menjajaki kemungkinan dipasangkannya Jokowi dengan putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono dalam Pilpres 2019.

Awalnya memang ada cukup banyak hal yang berseberangan antara SBY dengan Jokowi. Namun nampaknya Demokrat mulai berpikir rasional melihat ketiadaan alternatif calon lain yang bisa mengimbangi Jokowi membuat SBY dan Demokrat kemungkinan masuk ke dalam lingkara pendukung Jokowi.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio