DREAMERS.ID - Lembaga riset Korean Business Research Institute (KBRI) mengumumkan peringkat terbaru untuk reputasi brand di antara para penyanyi. Tak hanya grup idola K-Pop, tapi penyanyi Korea secara keseluruhan, mencakup solois dan juga duo.
Penghitungannya didasarkan pada analisa partisipasi, liputan media, interaksi, dan indeks komunitas dari 145.534.053 data pada penyanyi sejak 26 Desember hingga 27 Januari. Angka ini meningkat 11,49 persen dari 130.541.250 data sebelumnya untuk peringkat bulan Desember 2017.
Baca juga: Melihat Tren 'Silver Spoon' Terjun ke Dunia Hiburan, Sudah Kaya Mau Jadi Idola
Boy group Wanna One mempertahankan posisi mereka di urutan pertama dengan skor partisipasi 1.449.876, skor liputan media 3.202.104, skor interaksi 4.03939.660, dan skor komunitas 4.030.596 dengan skor reputasi brand keseluruhan 13.522.236.Sementara di posisi kedua juga masih ditempati oleh BTS dengan total skor 11.925.730. TWICE mengikuti di urutan ketiga dengan total skor 8.246.881. Berikut adalah daftar 30 besarnya:
1. Wanna One
2. BTS
3. TWICE
4. EXO
5. IU
6. Red Velvet
7. Sunmi
8. Oh My Girl
9. Chungha
10. SEVENTEEN
11. PSY
12. MOMOLAND
13. Taeyeon
14. BTOB
15. BLACKPINK
16. MAMAMOO
17. HyunA
18. WINNER
19. INFINITE
20. Gummy
21. JBJ
22. G-Dragon
23. Park Hyo Shin
24. Yoon Jong Shin
25. Kim Dong Ryul
26. Bolbbalgan4
27. Davichi
28. Lee Hi
29. EXID
30. Hwang Chi Yeol
(fzh)