Dreamland
>
Berita
>
Article

Pemerintah Tetapkan 27 Mei Sebagai 1 Ramadhan Lewat Sidang Isbat

26 Mei 2017 19:19 | 1176 hits

DREAMERS.ID - Masyarakat menantikan kepastian 1 Ramadhan yang menjadi penanda hari pertama berpuasa di bulan suci dari pemerintah. Melalui sidang isbat yang digelar pada Jumat (26/5), pemerintah menetapkan 27 Mei 2017 sebagai 1 Ramadhan 1438 Hijriyah.

"Besok pagi 27 Mei 2017 kita akan mengawali puasa Ramadan," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers usai sidang isbat di kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat mengutip CNN.

Sidang isbat hari ini pun dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). 

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

Ada pula Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam.

Penetapan 1 Ramadhan ini berdasarkan pantauan hilal dari 84 titik di 33 provinsi seluruh Indonesia. Bedanya, sidang isbat tahun ini berlangsung tertutup dan dimulai pukul 17.00 sore tadi. Sidang diawali dengan pemaparan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1438H.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio