Dreamland
>
Berita
>
Article

Korea Selatan Siap Tampung Warga Korea Utara yang Membelot

13 Oktober 2016 10:30 | 978 hits

DREAMERS.ID - Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye mengungkapkan kalau pemerintahnya saat ini sedang bersiap untuk menyambut pembelotan besar-besaran dari warga Korea Utara. Pernyataan ini diungkapkan Park beberapa hari usai menyerukan langsung warga Korut untuk meninggalkan negara mereka itu.

Serangkaian pembelotan atau pengkhianatan terjadi di Korea Utara, salah satu kasus besarnya adalah wakil duta besar Korea Utara untuk Inggris, Thae Yong Ho, dan sejumlah pekerja restoran Korut di China. Pembelotan ini semakin menguatkan propaganda untuk Korea Selatan.

Dikutip dari AFP, Selasa (11/10), dalam pertemuan kabinet Park kembali menegaskan seruannya agar warga Korea Utara membelot. Dia juga menekankan pentingnya persiapan untuk menampung pembelot itu.

"Para pembelot ini sama dengan warga unifikasi yang tiba lebih awal, dan ini merupakan percobaan untuk mempersatukan kita kembali," ujarnya.

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

Park berharap bisa cepat mengamankan sistem dan memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung warga Pyongyang.

"Saya harap kita segera mengamankan sistem dan kapasitas kita untuk menampung mereka (warga Korut) yang mencari kebebasan bisa tercukupi," lanjut Park.

Bulan lalu, Park, dalam pidato di Hari Angkatan Bersenjata Korsel mengatakan akan tetap membuka jalan bagi para pembelot Korea Utara.

"Datanglah menuju kebebasan di Korea Selatan," ujarnya.

Source:
Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio