Dreamland
>
Berita
>
Article

Bangga, Mantan TKI Ini Jadi Pembicara Sekaligus Penasehat Obama di Konvensi Partai Demokrat Amerika!

25 Juli 2016 17:00 | 2923 hits

DREAMERS.ID - Mantan buruh migran asal Indonesia, Ima Matul Maisaroh dipastikan menjadi pembicara dalam gelaran Konvensi Nasional Partai Demokrat Amerika Serikat. Ima akan membicarakan pengalamannya dalam melawan perdagangan manusia dalam acara penting partai tempat Barack Obama bernaung itu.

Selain direncanakan akan dihadiri oleh Hillary Clinton, konvensi yang diadakan pada tanggal 26 besok menjadi tempat Ima untuk mencurahkan pengalamannya. Memang, sejak 2012 silam, Ima ditunjuk Presiden Barack Obama menjadi salah satu anggota Gugusan Tugas Pemberantasan Perdagangan Manusia (PITF).


Ima dan Presiden Obama (Merdeka/CAST)

Melansir Merdeka,pidato Ima nanti juga akan mencakup kapasitasnya sebagai penasehat presiden AS dalam hal memberantas perdagangan manusia. Bukan tanpa sebab, Ima bisa terpilih karena pengalamannya dalam kehidupan kelam tenaga kerja berujung perbudakan.

Perempuan 33 tahun ini terbujuk berangkat ke AS pada 1997 karena ingin keluar rumah lantaran kerap disiksa oleh suami. Setibanya di AS, Ima memang menjadi pembantu rumah tangga, namun pekerjaan itu sudah masuk kategori perbudakan.

Baca juga: Pencarian TKI 13 Tahun Hilang di Yordania yang Disebut Dubes Serasa 'Mission Impossible'

Dia bekerja 18 jam sehari bahkan lebih, tak pernah punya libur akhir pekan. Majikan Ima memaksanya membersihkan rumah, mencuci, merapikan taman, hingga mencuci mobil.

Tak tahan, Ima kabur setelah 3 tahun dengan pertolongan pembantu seberang rumah majikannya dan dibawa ke kantor CAST di Los Angeles. Di sana, Ima belajar berbagai keterampilan dan bahasa Inggris. Ima adalah salah satu korban yang berhasil selamat dan aktif berkampanya untuk perbudakan dan perdagangan manusia.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio